EFEKTIVITAS TEKNIK MODIFIKASI PERILAKU TOKEN ECONOMY TERHADAP PERILAKU DISIPLIN ANAK USIA DINI

Authors

  • Putri Agustina Sebelas Maret University
  • Tsali Tsatul Mukarromah Sebelas Maret University

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i3.p%25p

Keywords:

Token Economy, Perilaku Disiplin, Anak Usia Dini

Abstract

Perilaku disiplin merupakan perilaku baik yang diharapkan untuk dimiliki oleh setiap anak. Perilaku disiplin penting untuk ditanamkan oleh guru atau orangtua pada anak sejak dini melalui sebuah pembiasaan dan pemberian penguatan baik secara verbal atau non verbal. Token economy adalah salah satu bentuk penguatan non verbal yang dapat diberikan dalam proses modifikasi perilaku disiplin pada anak usia dini. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi literatur, yakni dengan melakukan kajian analisis teori terhadap buku, jurnal, dan hasil penelitian sebelumnya sebagai sumber referensi. Token economy merupakan sebuah penguatan non verbal yang diberikan pada anak untuk meningkatkan perilaku yang diharapkan sebagai bentuk penghargaan dan stimulus positif untuk anak. Pemberian token economy untuk anak usia dini dapat berupa pemberian bintang, stiker, koin, dan lain sebagainya agar dapat dijadikan sebagai motivasi ekstrinsik anak untuk berperilaku disiplin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa token ecomony sebagai salah satu bentuk teknik modifikasi perilaku pada anak terbukti mampu memiliki efektivitas dalam usaha untuk meningkatkan perilaku disiplin pada anak usia dini.

References

Aprilianti, Heryanto, D., & Mulyasari, E. (2017). Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 63–75. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v2i4.14007

Aulina, C. N. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGIA, 2(1), 36–49. https://doi.org/10.26555/almisbah.v1i1.83

Edy, E., CH, M., Sumantri, M. S., & Yetti, E. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Dan Pola Asuh Terhadap Disiplin Anak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 221–230. https://doi.org/10.21009/jpud.122.03

Fachrudin Adi. (2012). Teknik Ekonomi Token Dalam Pengubahan Perilaku Klien. Jurnal Informasi, 17(03), 139–143.

Machfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahmah, R. A. (2019). PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBIASAAN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 33 KOTA MALANG. Jurnal Pendidikan Nonformal, XIV(1), 54–67. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/8853

Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2688

Mufidah, U. (2012). Efektivitas Pemberian Reward Melalui Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. BELIA Journal of Early Childhood Education Papers, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.15294/ijeces.v1i2.9212

Nyoman Rohmaniah, I Made Tegeh, I. M. M. (2016). Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Token Economy Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. 4(2), 4.

Ramadhani, J. S., & Aulia, P. (2020). Keunggulan Token Economy untuk Meningkatkan Perilaku Antri pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1111–1119.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

Downloads

Published

2021-05-01