PENERAPAN KETERAMPILAN BERMAIN MUSIK ANGKLUNG DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Azmi Qoyum TK Islam An-Nisa, Jl. Jend.Sudirman, Kec Bandung Kulon , Kel Cijerah, Kota Bandung
  • Ayu Rissa Atika IKIP Siliwangi Bandung, Jl. Terusan Jend.Sudirman, Baros, Kec Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i4.p%25p

Keywords:

Angklung, Musical Intelligence, Children Aged 4-5 Years

Abstract

Every child has an expert in playing diverse music,  diversity which is the intelligence given by Allah SWT. Musical intelligence is an intelligence that needs to be developed since childhood. The purpose of this article is to find out the activities of children in improving musical intelligence through angklung music playing skills in PAUD institutions, namely TK Islam An-Nisa. This research uses a descriptive qualitative method by collecting information about problems in the child and school environment. So the researchers described how the learning process and focused on the learners. Data collection techniques with observation, interviews, and documentation. The subjects in the study consisted of principals, teachers, angklung trainers, and 23 female students.  Analysis techniques in this research using interactive analysis, namely using data collection, data reduction, presentation of data and final results will be described clearly and validly. The results of research on the development of children's musical intelligence can be concluded that from the first meeting to the next meeting with the application of a development playing angklung music can increase the musical intelligence of children in group A in An-Nisa Islamic Kindergarten. Seen at the time when children can create a work of art through musical instruments angklung.

Setiap anak mempunyai keahlian dalam bermain musik yang beragam, keberagaman yang merupakan kecerdasan yang diberi oleh Allah SWT. Kecerdasan musikal menjadi kecerdasan yang perlu dikembangkan sejak kecil. Adapun tujuan dalam artikel ini untuk mengetahui aktivitas anak dalam meningkatkan kecerdasan musikal melalui keterampilan bermain musik angklung di lembaga PAUD yaitu TK Islam An-Nisa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan informasi tentang permasalahan yang ada dalam lingkungan anak dan sekolah. Maka peneliti mendeskriptifkan bagaimana proses pembelajarannya dan fokus ke peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, pelatih angklung dan anak berjumlah 23 orang peserta didik perempuan. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis interaktif, yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta hasil akhir akan dideskriptifkan dengan jelas dan valid. Hasil penelitian perkembangan kecerdasan musikal anak dapat disimpulkan bahwa pada pertemuan pertama ke pertemuan selanjutnya dengan penerapan keterampilan bermain musik angklung dapat meningkatkan kecerdasan musikal anak pada kelompok A di TK Islam An-Nisa. Terlihat pada saat anak dapat menciptakan suatu karya seni melalui alat musik angklung.

References

Afandi, Y. (2018) Upaya Guru dalam mengembangkan keterampilan bermain angklung melalui penggunaan metode drill pada anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 47. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Stkip Siliwangi. Bandung

Agustin, M & Mushlihuddin (2017) Mengenali dan Mengembangkan potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini TK dan Ra. Tangerang Selatan : Cv. Wafi Media Tama.

Nurhasmah, W. (2015). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SEKSUAL UNTUK ANAK USIA DINI: Studi Kasus di Taman Kanak-Kanak Salman Al Farisi Kota Bandung Tahun Pelajaran 2014-2015 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu: Implementasi Kurikulum 2018 Untuk SD/MI. Kencana. PT Fajar Interpratama Mandiri

Sugiarti, S., & Aprianti, E. (2019). MENINGKATKAN KONSEP BILANGAN MELALUI BERMAIN KENCLENG KELERENG. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 268-275.

Sugiyono, M. P. P., & Kuantitatif, P. (2009). Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Cet. VII.

Downloads

Published

2021-07-19