UPAYA MENINGKATKAN PENGEMBANGAN LITERASI DALAM KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI MELALUI APLIKASI PAINT DI TK SUMUR BANDUNG

Authors

  • Eulis Ulan Sari TK Sumur Bandung, Jalan Raya Cililin Utara NO 73, Cililin
  • Andrisyah Andrisyah IKIP Siliwangi, Jalan Raya Terusan Jendral Sudirman, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i4.p%25p

Keywords:

Literacy Development, Early Childhood, Paint Application

Abstract

Literacy is the ability to read and write as an indicator of developmental achievement including the ability to read, write or recognize characters. Literacy in English literacy comes from the Latin littera (letter) which means that it involves mastery of writing systems. Literacy development is language and thinking with the core of reading to writing and writing activities carried out by a person to make optimal use of various good sources. Paint applications are used to develop early childhood learning so that children are more eager to start literacy learning and children will not be bored when learning takes place because paint applications are very liked by children. This study uses a qualitative descriptive method, which is a study by collecting data or information about the problems in Kindergarten Sumur Bandung. The data needed is in the form of primary data and secondary data. The analysis used in this research is content analysis. The data obtained by primary data and secondary data were narrated descriptively in a thematic way. This article describes paint applications where paints are specially designed to teach certain learning through the application of testing children's abilities as well as testing children's abilities. Based on observations, it has been described that literacy using paint applications can stimulate children.

Literasi adalah merupakan kemampuan membaca dan menulis sebagai salah satu indikator pencapain perkembangan yang meliputi kemampuan membaca , menulis atau mengenal aksara. Literasi yang dalam bahasa inggrisnya literacyberasal dari bahasa latin littera(huruf) yang pengertiannya melibatkan penguasaan sistem-sistem dalam tulisan. Pengembangan literasi adalah berbahasa dan berpikir dengan inti kegiatan membaca berpikir dan menulis yang di lakukan oleh seseorang dalam rangka memanfaatkan secara optimal dari berbagai sumber yang diperoleh.Aplikasi paintdigunakan untuk mengembangkan pembelajaran peserta didik agar anak lebih bersemangat untuk memulai pembelajaran literasi dan  Anak tidak akan merasa jenuh saat pembelajaran berlangsung karena aplikasi paintsangat di sukai oleh anak.Penelitian ini menggunakan  metode deskriptif kualitatif, yaitu sebuah penelitian dengan cara mengumpulkandata atauinformasi mengenai permasalahandi TK Sumur Bandung. Data yang dibutuhkan berupa data primer maupun data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini untuk analisis isi. Data yang diperoleh data primer dan data sekunder dinarasikan secara deskriptif dengan cara pengkodean secara tematik.Artikel ini menjelaskan tentang aplikasi paintMengenalkan Literasi Anak pada Kemampuan Kognitif Melalui Aplikasi paint  pada kegiatan anak tidak hanya dilakukan di sekolah melainkan dapat dilakukan kegiatan edukasi bersama keluarga di rumah.

References

Cordon. (2003). Literasi adalah sumber ilmu pengetahuan yang menyenangkan yang mampu membangun imajinasi Bangkok. UNESCO

Elfian, U. [2018]. Penggunaan Gadget Untuk Menstimulasi Kemampuan Literasi Anak Prasekolah. [Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2018]

Ibeng, P. (2020). Pengertian Literasi, Tujuan, Manfaat, Jenis, Prinsip, Contoh, Menurut Ahli .https://pendidikan.co.id/literasi di akses 02 Oktober 2020

Jumiatin, D. (2017). Memahami Permasalahan Anak Usia Dini. Jatinangor: Alqaprint.

Munir. (2010). pembelajaran melalui media komputer. (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal Vol. 2 No. 2, Juli 2010)

Sadiah, N. H., & Lestari, R. H. (2020). UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS PADA ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN STEAM. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3), 237-244.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara

Widiawati, W. W., Karim, M. B., & Mayangsari, D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Aplikasi Paint Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Balongpanggang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 10-24.

Downloads

Published

2021-07-16