KEGIATAN BERMAIN PERAN DALAM PERKEMBANGAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Nurlatipah Nurlatipah TK Al Ikhlash, Cipongkor, Bandung Barat
  • Ronny Mugara IKIP SILIWANGI, Jln. Terusan Jenderal Sudirman, Cimahi
  • Sharina Munggaraning Westhisi IKIP SILIWANGI, Jln. Terusan Jenderal Sudirman, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i4.p%25p

Keywords:

Linguistic Intelligence, Role Playing

Abstract

One of the early childhood developments is language development. With children's language being able to communicate well. Therefore, teachers need to provide stimulation in the form of activities to achieve language development, especially linguistic intelligence. This research aims to determine the implementation of role-playing activities in the development of linguistic intelligence of children. early. This role-playing activity is carried out when the core activities in learning are adjusted to the theme. The themes used are, for example, professions and animals, so that children are enthusiastic about participating in these activities. The implementation of role-playing activities is carried out to train the stimulation of children's language skills in the development of early childhood linguistic intelligence. This study used a qualitative descriptive research method with research subjects in group B. data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. This research used thematic analysis techniques. Based on the results of thematic data analysis and discussion, it can be concluded that the ability of children's linguistic intelligence can be improved through role-playing activities, through this activity it can stimulate language skills, expression, and good verbal communication.

Salah satu perkembangan anak usia dini adalah perkembangan bahasa. Dengan bahasa anak mampu berkomunikasi dengan baik. Oleh karena itu guru perlu memberi stimulasi berupa kegiatan agar tercapai perkembangan bahasa terutama kecerdasan linguistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan bermain peran dalam perkembangan kecerdasan linguistik anak usia dini. Kegiatan bermain peran ini dilakukan pada saat  kegiatan inti dalam pembelajaran disesuaikan dengan tema. Adapun  tema yang digunakan  misalnya profesi dan binatang, sehingga anak-anak antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut. Pelaksanaan kegiatan bermain peran ini dilakukan agar melatih stimulasi kemampuan berbahasa  anak dalam pengembangan kecerdasan linguistik  anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian pada anak kelompok B. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.Adapun penelitian ini menggunakan teknik analisis tematik. Berdasarkan hasil analisis data tematik  dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan kecerdasan  linguistik anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain peran, melalui kegiatan ini dapat menstimulasi kemampuan berbahasa, berekspresi serta berkomunikasi secara lisan dengan baik.

References

Anita.(2015). Model Pendidikan

Anak Usia Dini. Jakarta:Prenada Media Group.

Arief. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Asis & Ifa. (2014). Pembelajaran

Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Gunawan, A.W. (2012). Genius Learning Strategy. Jakarta: PT. Gramedia.

Juniarti, F., Jumiatin, D., & Ariyanto, A. A. (2019). MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI DI RA AL HIDAYAH BANDUNG. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(5), 1-6.

Massardi & Yudhistira. (2012). Pendidikan Karakter dengan Metode Sentra.Jakarta: Esmass

Miles, M.B & Huberman A.M. (1984). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia

Moeslihatoen. (2004) Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Bandung: Rineka Cipta

Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sujiono. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Suyadi & Dahlia. (2014). Implementasi Dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suyadi & Ulfah. (2013). Konsep Dasar Paud. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tedjasaputra. (2001). Bermain, dan Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo

Downloads

Published

2021-07-16