MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBELAJARAN MONTESSORI

Authors

  • Pia Sani Sadiatu Rohmah RA Nurul Anam, Cipongkor
  • Ema Aprianti PG PAUD IKIP SILIWANGI, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i4.p%25p

Keywords:

Child Independence, Montessori Learning Methods, Early Childhood

Abstract

Writing this article aims to determine how to increase children's independence through the Montessori learning method. This article uses the literature study method for initial preparation in developing a research framework in obtaining data in the field. The data collection technique uses the documentation method on the results of research and published papers. Data analysis using bibliographic annotations. The sample in this study is a study entitled "Increasing the Independence of Children through Learning the Montessori Method" and research entitled "The Implementation of the Montessori Method Approach in Forming Independent Character in Early Childhood". Montessori learning methods, by applying the Montessori learning method can be used as an alternative to improve the attitude of independence in children. The results of this study through learning the Montessori method can provide freedom and opportunities to develop children's independence with simple things according to children's needs such as buttoning their clothes, wearing their shoes, learning to learn the order and regularity, for example from the start taking materials from the shelf or table by themselves. , after finishing the child puts the materials back in their original place.

Penulisan Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemandirian anakmelalaui metode pembelajaran Montessori. Artikel ini menggunakan metode studi literature untuk persiapan awal dalam menyusun kerangka penelitian dalam memperoleh data di lapangan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi pada hasil penelitian dan karyatulis yang telah dipublikasi. Analisis data menggunakan anotasi bibliografi. Sampel dalam penelitian ini yaitu penelitian yang berjudul “Meningkatkan Kemandirian Anak melaluiPembelajaran Metode Montessori †dan penelitian yang berjudul “Implementasi Pendekatan Metode Montessori Dalam Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak Usia Diniâ€.Hasil analisis data penelitian sebelumnya dapat disimpulkan terjadi perkembangan yang signifikan terhadapditerapkannya metode pembelajaran Montessori, dengan menerapkan metode pembelajaran Montessori dapat dijadikan alternative untuk meningkatkan sikap kemandirian pada anak.Hasil dari penelitian ini melalui pembelajaran metode Montessori mampu memberikan kebebasan dan kesempatan mengembangkan kemandirian anak dengan hal yang sederhana sesuai dengan kebutuhan anak seperti mengancingkan baju sendiri, memakai sepatu sendiri, belajarmempelajariurutan dan keteraturan contohnya dari awal mengambil sendiri bahan-bahan yang ada dirak ataumeja, setelah selesai anak menyimpan kembali bahan-bahan tersebut ketempat semula. 


References

Aprianti, E. (2018). Penerapan Pembelajaran Bcm (Bermain, Cerita, Menyanyi) Dalam Konteks Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Kober Baiturrohim Kabupaten Bandung Barat. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 195-211.

Britton, N. (2017). Montessori Play and Learn. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Damayanti, E. (2019). Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Pembelajaran Metode Montessori. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 463-470.

Davies, S. (2019). The Montessori To-dler. Diterjemahkan oleh: Ade Ku-malasari. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Dewi, N. K. S. C., & Suyanta, I. W. (2019). Pembelajaran seni dan teknologi digital sebagai media belajar dan perkembangan anak usia dini. PRATAMA WIDYA: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 3(1).

Gustina, A., Hubeis, A. V. S., & Riyanto, S. (2008). Jaringan komunikasi dan peran perempuan dalam mempertahankan budaya Rudat (Studi pada masyarakat desa Negeri Katon, kecamatan Negeri Katon, Lampung Selatan). Jurnal Komunikasi Pembangunan, 6(1).

Hernawaty. (2015). Metode Montessori. Jogjakarta: Garuda Mas Sejahtera.

Nasution, R. A. (2017). Penanamana Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori. Jurnal Raudhah, 5(2).

Wijaya, B. (2019). Islamic Montessori: Pendidikan Anak Dirumah Ber-basis Aktivitas Islami. Yogyakarta: Al Uswah

Wiyani, N.(2013). Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media

Wulandari, D. A., Saefuddin, S., & Muzakki, J. A. (2018). Implementasi Pendekatan Metode Montessori dalam Membentuk Karakter Mandiri pada Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1-19.

Downloads

Published

2021-07-17