PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN NUMBER BOARD MODIFIKASIDALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK A

Authors

  • Rahayu Siti Rachmah IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jendral Sudirman, Cimahi
  • Sri Nurhayati IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jendral Sudirman, Cimahi
  • Syah Khalif Alam IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jendral Sudirman, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i4.p%25p

Keywords:

Number board, Preliminary Counting, Early Childhood

Abstract

To improve cognitive development in early childhood counting activities, it must be fun learning using games with learning media in real forms. Learning media Modified Number board is one of the media that can be applied to improve numeracy skills. The purpose of implementing this learning media is to stimulate the numeracy skills of children. The research method taken is descriptive. Data collection by researchers is through observation, interviews, and documentation. In this study, researchers used data analysis techniques with 3 stages, namely data reduction, data display, and conclusion drawing. From the activities carried out by children in applying the modified Number board learning media, there was a significant increase in the ability to count early in early childhood. With this learning media, children not only recognize the concept of numbers and the symbols of numbers 1-10, but children can understand numbers, measure, and recognize addition. The conclusion of this study is to stimulate the initial numeracy skills in children, one of which is by applying the modified Number board learning media.

Untuk meningkatkan perkembangan kognitif dalam aktivitas berhitung permulaan anak usia dini harus dengan pembelajaran yang menyenangkan menggunakan permainan dengan media pembelajaran dalam bentuk nyata. Media pembelajaran Number board modifikasiialah satku dari sekian banyak media yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan behitung. Tujuan penerapan media number board modifikasiini yaitu untuk menstimulasi kemampuan berhitung pada anak. Metode penelitian yang diambil yaitu deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam pelaksanaan riset ini,  peneliti menggunakan teknik analisis data dengan 3 tahap yaitu reduksi data,penyajiandata dan penarikan kesimpulan. Dari kegiatan anak dalam menerapkan media pembelajaran Number board modifikasi terjadi peningkatan yang signifikan pada kemampuan berhitung awal pada anak usia dini. Dengan media pembelajaran ini, anak bukan sekedar mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan 1-10 saja tetapi anak dapat pemahaman angka, pengukuran dan mengenal penjumlahan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu menstimulasi kemampuan berhitung permulaan pada anak salah satunya dengan menerapkan media pembelajaran Number board modifikasi.

References

Asmariani, A. (2016). Konsep media pembelajaran PAUD. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).

Cendani, Y., Setiasih, O., & Kurniati, E. MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI BERMAIN KOIN DAN KARTU ANGKA. Edukid, 16(1), 54-65.

Patimah, R. S., & Nurhayati, S. (2020). MANAJEMEN LEMBAGA TAMAN KANAK–KANAK BERPRESTASI DALAM RANGKA MECETAK ANAK USIA DINI YANG UNGGUL DAN BERKARAKTER (Studi Kasus di TK Islam Waladun Solih Desa Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Comm-Edu (Community Education Journal), 3(1), 7-18.

Fauziyah, P. R., Yuliati, N., & Nuriman, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Demonstrasi dengan Media Sempoa Pada Anak Kelompok B1 di TK Amelia Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Edukasi, 4(3), 45-48.

Hanifah, M., & Alam, S. K. (2019). PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LOTTO DI KELOMPOK B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 302-308.

Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 283-293.

Mulyasa, H.E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Safitri, W. [2017]. Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Bermain Kartu Angka Bergambar Pada Anak Usia 4 Tahun Di PAUD Baitusshibyaan Srumbung Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. [Skripsi, Institut Agama Islam Negri Salatiga, 2017]

Sari, I. R. [2016]. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Anak Kelompok A Melalui Metode Eksperimen Sederhana di Taman Kanak-kanak Al-Ma’arif Kalisat Jember Tahun ajaran 2015/2016. [Skripsi, Universitas Jember, 2016]

Suciati, S. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN DAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI PERMAINAN MEDIA KARTU ANGKA PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI I KOTA JAMBI: Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Literasiologi, 2(2), 16-16.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Triananingsih, Y., & Alam, S. K. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF (BERPIKIR KREATIF) ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BALOK STUDI QUASI PADA KELOMPOK B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(1), 70-77.

Yulista, I .[2019]. Penggunaan Media Papan Flanel Dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Kelompok A Di Taman Kanak-Kanak Alam Baradatu WaykanaN. [Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019]

Downloads

Published

2021-07-13