MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI ME-LALUI METODE PROYEK

Authors

  • Sri Rahayu TK An-Nur Cikande, Saguling
  • Ema Aprianti PG PAUD IKIP Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i4.p%25p

Keywords:

Social Skills, Project Method, Early Childhood

Abstract

This study aims to analyze the understanding of balanced nutrition in early childhood through parenting activities. Ineffective parenting styles lead to a lack of understanding of balanced nutrition in early childhood. The study population was PAUD Uswatun Hasanah Naringgul. The research subjects were group A with 13 children consisting of 6 boys and 7 girls. The method used is Classroom Action Research (PTK). Data analysis using quantitative descriptive. Data collection techniques used observation, interviews and documentation carried out in the field during the study using the steps of data reduction, presentation, and verification. The results showed an increase in understanding of balanced nutrition in children through parenting activities with the category of BSB, the results of pre-cycle 0% (0 people), cycle I 15% (2 people), cycle II 77% (10 people). From these data, it can be concluded that parenting activities can increase understanding of children's balanced nutrition, they can distinguish which foods contain nutrition and which are not, and cooperation appears to be seen between parents and children in every activity.

 

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan sosial pada anak dapat ditingkatkan melalui metode proyek. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode penelitian studi literaturuntuk persiapan awal dalam menyusun kerangka penelitian untuk memperoleh data di lapangan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi pada hasil penelitian dan karya tulis yang telah dipublikasikan. Analisis data menggunakan anotasi bibliografi. Sampel dalam penelitian ini yaitu penelitian yang berjudul “Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sosial Pada Kelompok B Di TK Gugus III†dan penelitian yang berjudul  “Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok B Di TK Sayang Bunda Kelurahan Pijoanâ€. Berdasarkan hasil analisis data penelitian sebelumnya bahwa metode proyek mampu membangun minat anak untuk melakukan kerjasama serta sosial secara senang hati. Hasil dari penelitian ini adalah metode poyek mampu meningkatkan kemampuan sosial anak, karena melalui metode ini anak mampu menyesuaikan diri dengan kelompok, mampu berkomunikasi, dan mampu bekerja sama. Pembelajaran menggunakan metode proyek terhadap kemampuan sosial anak mampu memberikan kesempatan pada anak untuk meningkatkan pembelajaran yang menyenangkan serta dapat meningkatkan perkembangan sosial anak

References

Agustiana,R.(2017). Meningkatkan Per Kembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok B. Tersedia Pada http://www.upi.ac.id,pdf (Di akses pada tanggal 20 juli 2020)

Aprianti, E. (2018). Penerapan Pembelajaran Bcm (Bermain, Cerita, Menyanyi) Dalam Konteks Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Kober Baiturrohim Kabupaten Bandung Barat. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 195-211.

Astuti, W., Jati, S. N., & Sudarti, S. (2014). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PROYEK DI TAMAN KANAK-KANAK AL-MUKADDIMAH PONTIANAK. FKIP Program Studi PG PAUD.

Dahlia, M. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sosial Anak Kelompok A Di Ra Al Chusnaniyah Surabaya Tahun Ajaran 2017-2018. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67-74.

Mursid. 2015. Pengembangan Pembela-

Jaran PAUD. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan dan Ke-budayaan Republik Indonesia No-mor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Sumartini, T. (2015). Pengaruh Metod

Proyek Terhadap Kemampuan Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Nurul Hidayah Palembang Skripsi. In-dralaya : Universitas Sriwijaya.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pem-belajaran Inovatif, Progresif dan Konstektual. Jakarta : Prenadamedia Group

Undang-undang RI No. 20 tahun 2003. Tentang Sistem PendidikanNasion-al.

Widyaningrum, N. H. (2016). MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI METODE PROYEK KELOMPOK B DI TK ABA BARAHAN GALUR KULON PROGO. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(9), 940-951.

Wiyani,Novan (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini-Yogtakarta : Gava Media

Yusuf & Sugandhi. (2011). Perkem-banganPeserta Didik. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-07-21