MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PENGENALAN BENTUK GEOMETRI BERBANTUAN MEDIA GEOBOARD PADA KELOMPOK B

Authors

  • Tri Haryati Solihah IKIP Siliwangi, Cimahi
  • Ronny Mugara IKIP Siliwangi, Cimahi
  • Ema Aprianti IKIP Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i4.p%25p

Abstract

Cognitive development is one of the most important aspects of early childhood development because it is the process of developing knowledge in children that they will carry to adulthood. This study aims to determine the implementation of learning using geoboard media in improving early childhood cognitive abilities through the introduction of geometric shapes. The method used by researchers in this study used a qualitative descriptive method. This qualitative approach is used to describe an event or a situation at a particular place. Data collection techniques used in this study are observation, interviews, and documentation techniques. The subjects in this study were group B students at Nurul Huda Insani Kindergarten, West Bandung Regency. Data analysis used in this research is data reduction, conclusion or verification, and data display. The results showed that the use of geoboard media in group B children's learning can help stimulate children's cognitive abilities so that children's cognitive abilities through the introduction of geometric shapes can increase. The use of appropriate learning media will foster children's curiosity about a concept and can develop learning motivation in children so that children are interested and feel happy with the learning media used.

Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk perkembangan anak usia dini, karena merupakan proses berkembangnya pengetahuan dalam diri anak yang akan ia bawa sampai dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelakasanaan pembelajaran dengan menggunakan media geoboard dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui pengenalan bentuk geometri. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode  deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif ini digunakan untuk mendeskripsikan suatu peristiwa atau suatu keadaan pada tempat tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan teknik dokumentasi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok B di TK Nurul Huda Insani kabupaten Bandung Barat.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, pengambilan kesimpulan atau verifikasi dan display data.Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media geoboard  pada pembelajaran anak kelompok B dapat membantu dalam menstimulus kemampuan kognitif anak , sehingga kemampuan kognitif anak melalui pengenalan bentuk geometri dapat meningkat. Dengan  penggunaan media pembelajaran yang tepat akan menumbuhkan rasa ingin tahu anak terhadap suatu konsep serta dapat mengembangkan motivasi belajar pada anak, sehingga anak tertarik dan merasa senang dengan media pembelajaran yang digunakan.

References

Amelia , N. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Pada Materi Mengenal Bentuk Geometri Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make A Match di Raudhatul Athfal Tanjung Selamat Kecamata Sunggal Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral Disertat tion Universitas Islam Negeri Sumatra Utara).

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Aprianti, E. (2018). Penerapan pembelajaran BCM (bermain, cerita, menyanyi) dalam konteks perkembangan sosial emosional anak usia dini di Kober Baiturrohim Kabupaten Bandung Barat. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 195-211.

Dwansi, R. M., Riswandi, R., & Surahman, M. (2017). Pengenalan Geometri Anak Usia Dini Melalui Media Manipulatif. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).

Khadijah, K. (2016). Pengembangan kognitif Anak Usia Dini, Media dan:Perdana Publishing.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Penerbit Gunung Samudera (Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia).

Lastrijanah, L., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87-100.

Martiana, D., Wiyasa, I. K. N., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. (2015). Model Direct Intruction Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Perkembangan Mengenal bentuk Geometri Anak Kelompok B3 TK Kemala Bhayangkari 1 D Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Undiksha, 3(1).

Permendikbud No. 146 Tahun 2014 tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Jakarta: Depdikbud.

Downloads

Published

2021-07-16