Kebutuhan Dasar Pengembangan Permainan Sains Gunung Meletus untuk Memfasilitasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Authors

  • Risna Mardalena Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Sumardi Sumardi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i5.p%25p

Keywords:

Sains untuk AUD, Perkembangan Sosial Emosional, Analisis dan Eksplorasi

Abstract

As one of the developmental aspects, social emotional need to be developed so that children achieve optimal development and in accordance with estabilished developmental standards. Education for early childhood is one of the institutions taked with helping children achieve optimal development. So, educators are emphasized to facilitate the development of children. This research was conucted to determine the basic need of science games for social emotional development for young children. The research methode used is the development method, the mix method approach model, with the Educational design Research trchnique, refering to the model according to McKenney and Reeves. This article only describes the Educatioal Design Researchtechnique research in the fisrt stage, namely exploration and analisys of research problem. Data wasa collected by means of preliminary study, namely a field studi with interviews conducted with Group B PAUD AT-Taqwa teachers having their adress at Geresik, Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya, and observation made in Group B at the same school. Literature study was conducted by rewiewing journals and the result of previous research as well as books related to the problem. The data analysis technique used is descriptive qualitative. So that the result of the study show various basic needs for developing science games, which will later be used as reference or guidelines for designing development product.

Sebagai salah satu dari aspek perkembangan, sosial emosional perlu dikembangkan agar anak mencapai perkembangan yang optimal dan sesuai dengan standar perkembangan yang telah ditetapkan. Pendidikan bagi anak usia dini menjadi salah satu lembaga yag bertugas untuk membantu anak mencapai perkembangan yang optimal. Maka pendidik ditekankan untuk memfasilitasi perkembangan-perkembangan anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dasar kebutuhan permainan sains untuk perkembangan sosial emosional bagi anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan, model pendekatan mix method, dengan teknik Educational Design Research, mengacu pada model menurut McKenney dan Revees. Artikel ini hanya menjelaskan penelitian teknik Educational Design Research pada tahap pertama yaitu eksplorasi dan analisis masalah penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pendahuluan yaitu studi lapangan dengan wawancara yang dilakukan pada guru kelompok B PAUD AT-Taqwa yang beralamat di Desa Geresik Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya,  dan observasi dilakukan pada kelompok B di sekolah yang sama. Studi literatur dilakukan dengan mengkaji jurnal dan hasil penelitian terdahulu serta buku-buku yang terkait dengan permasalahan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan berbagai kebutuhan dasar untuk mengembangkan permaianan sains, yang nantinya akan dijadikan sebagai acuan atau pedoman untuk perancangan produk pengembangan.

References

Saepudin, A. (2011). Pembelajaran Sains Pada Program Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, XV(2), pp. 213–226.

Safira, Ajeng Rizki, & Ifadah, Ayunda sayyidatul. (2020). Pembelajaran Sains Dan Matematika Anak Usia Dini. Jawa Timur: Gramedia communication.

Samatowa, U., & Sani, R. A. (2019). Metode Pembelajaran Sains untuk Pendidikan anak Usia Dini. Tira Smart.

Sudono, A. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. PT. GRASINDO.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sujiono, N. Y. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sis-tem Pendidikan Nasional

Yasbiati, & Gandana, G. (2018). Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.

Yus, A., & Widya Sari, W. (2020). Pembeljaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Yusuf,Syamsu. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-07-26