PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA DINI PADA KELUARGA POLA ASUH DEMOKRATIS

Authors

  • Raudia Raudatul Zannah Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dadaha No. 18, Kahuripan, Tasikmalaya
  • Edri Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dadaha No. 18, Kahuripan, Tasikmalaya
  • Sumardi Sumardi Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dadaha No. 18, Kahuripan, Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i5.p%25p

Keywords:

Early Chilhood, Emotional Development, Demokratic Parenting

Abstract

The main issue in this study is how the emotional development of early childhood in families with democratic parenting. The purpose of this study was to find out how the theoretical information, research methodology, and research results from the journals published from 2015-2021 this study used the slr method or systematic iterative review. 20 journals and continued by conducting an analysis to answer the research qution in the study, namely regarding the information on the questions, methods and research results contained in the research journal. The results showed that the theoretical information contained about early childhood development, early childhood emotional development, factors that influence child development, the role of the family in early childhood emotional development (improvement of sentence structure), understanding of parenting patterns, types of parenting factors that influence giving parenting, and the impact of parenting on children with the dominant research method used is correlational, and the results show that democratic parenting has a good influence on the emotional development of early childhood, children who receive democratic parenting show good development such as being able to control emotions and do not experience disturbances in their development.

Isu pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana perkembangan emosi anak usia dini pada keluarga dengan pola asuh demokratis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana informasi teoritis, metodologis penelitian, dan hasil penelitian dari jurnal yanng dipublish dari tahun 2015-2021. Penelitian ini  menggunakan metode SLR atau sytematic literatur review. Jurnal yang manjadi bahan penelitian adalah jurnal yang sudah memenuhi kriteria penelitian dan didapatkan sebanyak 20 jurnal dan dilanjutkan dengan melakukan analisis untuk menjawab research qution dalam penelitian, yaitu mengenai informasi teoritis, metode, dan hasil penelitian yang terdapat dalam jurnal penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi teoritis berisi mengenai perkembangan anak usia dini, perkembangan emosi anak usia dini, faktor yang mempengaruhi perkembangan anak, peran keluarga dalam perkembangan emosi anak usia dini (perbaiki susunan kalimatnya), pengertian pola asuh, jenis pola asuh, faktor yang memepengaruhi pemberian pola asuh, dan dampak pola asuh pada anak dengan metode penelitian yang dominan digunakan adalah korelasional, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis memiliki pengaruh yang baik terhadap perkembangan emosi anak usia dini. Anak yang mendapat pola asuh demokratis menunjukkan perkembangan yang baik seperti mampu mengkontrol emosinya dan tidak mengalami gangguan dalam perkembangannya.


References

Adawiyah, R. (2017). Pola Asuh Orang tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1).

Al-Elaimat, A., Adheisat, M., & Alomyan, H. (2018). The relationship between parenting styles and emotional intelligence of kindergarten children. Early Child Development And Care, 190(4), 1–11.

Creswell, J. (2015). RISET PENDIDIKAN Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset kualitataif dan Kuantitatif (5th ed.). Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Goleman, D. (1998). Emotional Intelegence. PT Gramedia Pustaka Utama.

Hidayah, R., & , Eka Yunita, Y. W. U. (2013). HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) DI TK SENAPUTRA KOTA MALANG. JURNAL KEPERAWATAN, 4(2), 131–135.

Hulukati, W. (2015). PERAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK. MUSAWA, 7(2), 265–282.

Mashar, R. (2015). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. prenadamedia grup.

Muarifah, A., & Puspitasari, I. (2018). HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PERSAINGAN ANTAR SAUDARA. 2(1), 1–10.

Muhammad, A. (2015). Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak. Edukasi Mitra Grafika.

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 146 Tahun 2014 tenang Kurikulum PAUD

Sari, P. P., & Mulyadi, S. (2020). POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI. 4(1), 157–170.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantatif Kualitattif dan R&D (19th ed.). Penerbit Alfabeta.

Sujiono, yuliani nurani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90.

Susanti, T. (2018). HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI. Universitas Negeri Jambi.

Tridhonanto, A. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Kelompok Gramedia.

Widiastuti, R. Y. (2015). DAMPAK PERCERAIAN PADA PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2, 76–149.

Downloads

Published

2021-07-22