PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Novita T Herman TK Permata Ayah bunda, Jl.Layar, Bandung
  • Anita Rakhman IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jendral Sudirman, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i5.p%25p

Keywords:

Ummi Method, Reading Al-Quran, Children Aged 5-6 Years

Abstract


Early stimulation is needed by children to develop their potential. The use of the right method helps the stimulation process. The Ummi method is used to improve the ability to read the Qur'an at school and can be used in early childhood. The research method used is descriptive qualitative, with the research subject, namely students in the Melon class in the 2019-2020 school year. Data analysis was carried out by steps; data reduction, data display, and conclusion or verification. Interviews were conducted with Ummi teachers and school principals to complete the validity of the data. The number of students in the Melon class is 23 children. Of these, 16 children are already at the ummi 2 levels, 3 children with a reading speed of 9-12 letters per minute, and 13 children have a speed of 12 letters per minute. This reading speed is influenced by children's understanding and routine exercises both at home and at school. This reading speed assessment is very important to measure the reading speed of each child. And by teachers who have been certified in the Ummi method, activities can be carried out well, are skilled in implementing them in class, and in assessing the results that are carried out every day so that they are accurate and by the child's daily conditions The Ummi method that is used can develop the ability to read the Qur'an for children aged 5-6 years in the Melon class.

Stimulasi sejak dini diperlukan anak untuk mengembangkan potensi dirinya. Penggunaan metode yang tepat membantu proses stimulasi tersebut. Metode Ummi digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an di sekolah, dan dapat digunakan pada anak usia dini.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu anak didik di kelas Melon pada tahun ajaran 2019-2020. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah; reduksi data, display data, serta pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dilakukan wawancara dengan guru Ummi serta kepala sekolah untuk melengkapi keabsahan data. Jumlah murid kelas Melon adalah 23 anak. Dari jumlah tersebut tersebut, 16 anak sudah berada di tingkat ummi 2, sebanyak 3 orang anak dengan kecepatan membaca 9-12 huruf per menit, dan 13 anak memiliki kecepatan 12 huruf per menit. Kecepatan membaca ini dipengaruhi oleh pemahaman anak dan latihan rutin baik di rumah maupun di sekolah. Penilaian kecepatan membaca ini sangat penting untuk mengukkur kecepatsn menbaca tiap anak. Dan oleh guru yang sudah tersertifikasi dalam metode Ummi kegiatan dapat dilakukan dengan baik, terampil dalam pelaksanaanya di kelas, serta dalam melakukan penilaian hasil yang dilakukan setiap hari sehingga akurat dan sesuai kondisi harian anak. Metode Ummi yang dilakukan dapat mengenbangksn kemanpuan mebaca Al Qur’an anak usia 5-6 tahundi kelas Melon.

References

Djamarah. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Jumiatin, D. (2018). Pendidikan Seni Rupa Anak Usia Dini. Bandung : Alqaprint.

Masruri. (2016). Modul Sertifikasi Guru Al Qur’an Metode UMMI. Surabaya : CV. Ummi Media Center.

Masruri. (2016). Belajar Mudah Membaca Al Qur’an Ummi Jilid 2. Surabaya : CV. Ummi Media Center.

Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rahwati, S., & Windarsih, C. A. (2020). IMPLEMENTASI METODE PHONICS DALAM PENGENALAN BAHASA INGGRIS DAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(1), 29-37.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta,CV.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Yuliya, Y., Nurhayati, S., & Andrisyah, A. (2020). MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI MELALUI PERAN GURU DENGAN MENGGUNAAN KARTU HURUF HIJAIYAH DI PAUD NURUL ATFAL USIA 5-6 TAHUN. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 385-393.

Downloads

Published

2021-09-06