MENINGKATKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK USIA DINI DENGAN PENERAPAN METODE PROYEK MELALUI KEGIATAN MENANAM BUNGA

Authors

  • Yulia Fatimah RA ALHIKMAH, Cisarua
  • Fifiet Dwi Tresna Santana PG PAUD IKIP Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i5.p577-585

Keywords:

Intrapersonal Intelligence, Early Childhood, Project Methods, Planting flowers

Abstract

This research was conducted on early childhood in the background with many children who do not know the needs of themselves or others due to a lack of communication and socialization to children, their families, and their environment. So learning activities are needed that can improve intrapersonal intelligence in children from an early age because at an early age it is very good to apply learning that stimulates intrapersonal intelligence to make a good child's personality. This research method is the Classroom Action Research (PTK). The research subjects were group B students at RA Al Hikmah Cisarua. Data collection techniques are observation, interviews, and documentation. Analysis of data collection using descriptive qualitative analysis methods. The learning method using the project method in flower planting activities carried out at the RA Al Hikmah Cisarua school aims to determine the development of children in increasing the ability of Intrapersonal intelligence. The results of the study 25% developed as expected, 50% began to develop but there were still 25% who had not developed in cycle I. Meanwhile, in cycle II 58.3% of children developed according to expectations, and 41.7% of children developed very well on their intrapersonal intelligence. So the conclusion is that learning project methods by planting flowers can improve intrapersonal intelligence in children.

Penelitian ini dilakukan pada anak usia dini di latar belakangi dengan masih banyak anak yang belum mengetahui kebutuhan dirinya maupun orang lain yang diakibatkan kurangnya komunikasi dan sosialisasi pada anak, keluarga dan lingkungannya. Maka dibutuhkan kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kecerdasan Intrapersonal pada anak sejak dini karena pada usia dini sangat baik menerapkan pembelajaran yang menstimulus kecerdasan Intrapersonal untuk menjadikan pribadi anak yang baik. Metode penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelompok B di RA Al Hikmah Cisarua. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Metode pembelajaran dengan menggunakan metode proyek pada kegiatan menanam bunga yang dilakukan di sekolah RA Al Hikmah Cisarua, bertujuan untuk mengetahui perkembangan anak dalam meningkatkan kemampuan kecerdasan Intrapersonal. Hasil penelitian  25% berkembang sesuai harapan, 50% mulai berkembang tetapi masih ada 25% yang belum berkembang pada siklus I. Sedangkan pada siklus II 58,3% anak berkembang sesuai harapan dan 41,7% anak berkembang sangat baik pada kecerdasan Intrapersonalnya. Sehingga kesimpulannya bahwa melalui pembelajaran metode proyek dengan menanam bunga dapat meningkatkan kecerdasan intrapersonal pada anak. 

References

Astuti, T, W. (2016). Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intellengences di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, Vol 1 No. 2 Tahun 2016. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwiahIWVopjqAhW_gUsFHWGyCvMQFjAJegQIAhAB&url=http%3A%2F%2Fejournal.uin-suka.ac.id%2Ftarbiyah%2Findex.php%2FJPM%2Farticle%2Fdownload%2F1211%2F1104%2F&usg=AOvVaw2PJ87EEGKa-H7KaiHF097W. [diunduh tanggal 23 Juni 2020].

Ekayanti, I. A. (2015). Pengaruh permainan Tradisional "Gobag Sodor" terhadap Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 2-8. (belum muncul dalam kutipan paragraf)

Hendriana, H., & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Bandung: PT Refika Aditama.

Krobo, A. (2014). Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal Melalui Kegiatan Bermain Peran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 27-28.

Lestari, S., Suarni, & Antara, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis ProyekTerhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6. e-journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

Ningsih, S. (2016). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional (Studi Kasus di TK Al – Akhyar Purwakarta Kelompok B). Jurnal Tunas Siliwangi, Vol 2 No. 1 April Tahun 2016. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjfntXLp5jqAhXYT30KHVIUDJkQFjACegQIBBAB&url=http%3A%2F%2Fe-journal.stkipsiliwangi.ac.id%2Findex.php%2Ftunas-siliwangi%2Farticle%2Fdownload%2F307%2F228&usg=AOvVaw3vwVtYieKna7OP9a6CFxL-. [diunduh tanggal 23 Juni 2020].

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, CV.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia group.

Utami, A. D. (2012). Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Interpersonal Melalui Pembelajaran Project Approach. Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 144.

Wahyudi, D. (2011). Pembelajaran IPS Berbasis Kecerdasan Intrapersonal. Jurnal ilmu pendidikan ilmu sosial, 36.

Downloads

Published

2021-10-03