PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER SOSIAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Siti Wartini TK Bhayangkari 42
  • Ria Riyanti TK IT Insan Kamil

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v1i2.p21-27

Keywords:

Karakter, pola asuh

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui apakah karakter anak usia dini? 2) Bagaimana peran orang tua dalam pengembangan karakter anak usia dini. 3) Untuk mengetahui apa itu pola asuh terhadap anak usia dini? Metoda yang digunakan untuk penelitian adalah kualitatif dengan metoda deskriptif. Penelitian ini dilakukan di salah satu Taman Kanak-Kanak yang berada di  Kotamadya Bandung, Hasil penelitian diperoleh data mengenai pola asuh sangat berpengaruh terhadap perkembangan karakter sosial anak dilingkungannya sehingga dibutuhkan pendidikan karakter lebih intesnsif sehingga anak mengerti perilaku yang baik dan salah dalam tumbuh kembangnya menuju jenjang selanjutnya maupun lingkungan bermainnya. Karakter yang ditunjukan oleh orang tua akan berpegaruh pada perkembangan karakter anak, apa yang didengar, dilihat dan dirasakan anak menjadi pelajaran yang akan diikuti oleh anak itu sendiri sehingga kebiasaan dan perilaku orang tua merupakan contoh bagi anaknya, seperti peribahasa apel tidak akan jatuh dari pohonnya yang mengartikan bahwa perilaku anak adalah cerminan perilaku orang tuanya, Pendidikan karakter ini hendaknya dilakukan sejak usia dini, karena usia dini merupakan masa emas perkembangan (golden age) yang keberhasilannya sangat menentukan kualitas anak di masa dewasanya. Pola asuh sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan karakter anak dengan pola asuh yang baik dan terarah akan menjadikan anak lebih mempunyai nilai karakter yang baik untuk sosialisasi anak di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat. Rekomendasi penelitian ini diantaranya : 1) Bagi sekolah, perlunya penekanan pendidikan karater lebih ditingkatkan guna untuk menunjang kemampuan karakter anak. 2) Bagi Pendidik untuk mengembangkan kemampuan eksplorasi pendidikan karakter. 3) Bagi Orang Tua, dari hasil penelitian ini menjadikan pendidikan untuk mendidik anak yang lebih baik dilingkungan rumah supaya anak dapat bersosialisasi dengan teman sebayanya tanpa ada rasa dikucilkan.

References

Agus Sujanto, 2004 dkk, Psikologi Kepribadian, Jakarta : PT. Bumi Aksara

Badingah, S. (1993). Agresivitas Remaja Kaitannya dengan Pola Asuh, Tingkah Laku Agresif Orang Tua dan Kegemaran Menonoton Film Keras. Program Studi

Firmansyah, D. (2018). Analysis of Language Skills in Primary School Children (Study Development of Child Psychology of Language). PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 2(1), 35–44. https://doi.org/10.22460/pej.v1i1.668

Kartono. Kartini dan Dali Gulo (2006), Kamus Psikologi, Bandung: Pioner Jaya

Theresia S. (2008). Indira, Pola Asuh Penuh Cinta. (http://www.polaasuhpenuhcinta.com, diperoleh 20 Juni, 21.30pm) Psikologi – Pascasarjana, UI. Depok.

Downloads

Additional Files

Published

2018-06-13