PEMBELAJARAN DARING DALAM MENSTIMULASI KEMAM-PUAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN SAINS PADA ANAK KE-LOMPOK B DI TK MIFTAHUL IMAN

Authors

  • Dahayuningsih Dahayuningsih
  • Arifah A Riyanto Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
  • Lenny Nuraeni Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i6.p%25p

Keywords:

Online Learning, Cognitive Abilities, Group B Children, Science

Abstract

During the COVID-19 pandemic, learning was carried out online. One of the abilities of children that need to be stimulated when learning online is cognitive abilities, which can be developed through playing science. By playing science children learn to identify, classify and explore the environment to build knowledge from a high sense of curiosity so that it is useful for children's lives. The subjects of this study were children of group B TK Miftahul Iman located in Cimahi City. Collecting research data using interview techniques, observation, and documentation. The method used is descriptive with qualitative data analysis. The purpose of this study was to determine the implementation of online learning in stimulating cognitive abilities through playing science. Based on observations it was found that the need for varied and interesting stimulation in improving cognitive abilities during online learning. With the stimulation of playing science, children can participate in learning with enthusiasm, enthusiasm and can develop their ability to think. Thus playing science can be used as a stimulation for the cognitive abilities of group B children when learning online.

Pada saat pandemi covid 19 pembelajaran dilaksanakan dengan cara daring. Salah satu kemampuan anak yang perlu distimulasi ketika belajar daring yaitu kemampuan kognitif, yang mana dalam pengembangannya dapat melalui bermain sains. Dengan bermain sains anak belajar mengidentifikasi, mengklasifikasi dan bereksplorasi terhadap lingkungan untuk membangun pengetahuan dari rasa keingin tahuan yang tinggi sehingga bermanfaat untuk kehidupan anak. Subjek penelitian ini yaitu anak kelompok B TK Miftahul Iman yang terletak di Kota Cimahi. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan analisis data kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring dalam menstimulasi kemampuan kognitif melalui bermain sains. Berdasarkan observasi diperoleh bahwa perlunya stimulasi yang bervariasi, dan menarik dalam meningkatkan kemampuan kognitif selama belajar daring. Dengan stimulasi bermain sains anakdapat mengikuti pembelajaran dengan antusias, semangat dan dapat mengembangkan kemampuannya dalam berpikir. Dengan demikian bermain sains dapat dijadikan sebagai stimulasi kemampuan kognitif anak kelompok B ketika belajar daring. 

References

Ageung, M. S., & Nuraeni, L. (2019). MENINGKATKAN PENG-TAHUAN SAINS ANAK ME-LALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KE-LOMPOK B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 376-381.

Cahyani, K. A., Jampel, I. N., & Ujianti, P. R. (2015). Penerapan metode demonstrasi dalam pengenalan sains untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak 1. E Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (1), 1–11.

Gugus Tugas Percepatan Penangana COVID-19. (2020). https://covid19.go.id

Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiya-wati, R. (2018). Penerapan metode eksperimen dalampem-belajaran sains untuk meningkat-kan kemampuan kognitif anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pen-didikan Anak, 4(2), 102-119.

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurun-nisa, R. (2019). Efektivitas Pro-gram Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20-29.

Nuraeni, L., & Westisi, S. M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Dengan Pendekatan Reggio Emilia Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Konteks Merdeka Belajar Di Taman Kanak-Kanak Kota Ci-mahi Pada Masa Pandemi Covid 19. Tunas Siliwangi: Jurnal Pro-gram Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Ban-dung, 6(2), 51-63.

Nurqolbi, R. I., Riyanto, A. A., & Les-tari, R. H. (2019). Pengaruh Ket-erampilan Proses Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 189-196.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Ke-budayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak.

Ristyawati, A. (2020). Efektifitas Ke-bijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pan-demi Corona Virus 2019 Oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945. Administrative Law & Governance Journal, 3(2), 240-249.

Roza, M. M. (2012). Pelaksanaan Pem-belajaran Sains Anak Taman Ka-nak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 29 Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(5).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learn-ing in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Sholeha, V. (2019). Efektivitas metode guided discovery pada pembelaja-ran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 78-83.

Sugiyono. (2014). Metode Peneltian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2011). Metode Pengem-bangan Kognitif. Jakarta: Univer-sitas Terbuka.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan ke-budayaan Republik Indonesia NO 4 Tahun 2020 tentang Pelaksa-naan Pendidikan Dalam Masa Da-rurat Coronavirus Disease (Covid-19).

Suyadi, & Ulfah. M. (2017). Konsep Da-sar PAUD. Bandung: PT Remaja Rodaskarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2021-11-29