PEMANFAATAN TEKNOLOGI PADA KEGIATAN EKSPLORASI UNTUK ANAK USIA DINI

Authors

  • Ela Nurlaela IKIP SILIWANGI, Jl. Terusan Jend. Sudirman, Baros – Cimahi
  • Ayu Rissa Atika IKIP SILIWANGI, Jl. Terusan Jend. Sudirman, Baros – Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i6.p%25p

Keywords:

Technology, Exploration, Early Childhood Education

Abstract

Currently, technology and science have developed rapidly. Even in the world of education, information and communication spread rapidly. This is a sign that is entering the era of modernization. So this pandemic requires educators to be able to make meaningful learning for children by utilizing types of information and communication technology such as devices, especially for early childhood where at that age is to play and exploration. The formulation of the problem here is how to use technology in exploration activities for children. The various characteristics of children, the queues of children that have not lasted long are a challenge in the use of technology in this exploration activity. This study to determine about benefits of technology in learning exploration activities for children. Descriptive is the method used and qualitative is the approach used in this study. Observation, interview, and documentation are data collection techniques used. The narrative analysis technique was used in this research. The research location was carried out at Paud Nurul Ilmi Ban-dung. The result is that teachers can take advantage of technology in exploration activities for children. Thus the conclusion of this study is about the use of technology to make a variety of meaningful activities through exploration activities in early childhood.

Saat ini teknologi dan ilmu pengetahuan sudah berkembang dengan pesat. Dalam dunia Pendidikan pun, jenis teknologi menyebar secara cepat didalamnya. Hal itu sebagai tanda bahwa saat ini kita sudah memasuki era modernisasi. Maka pandemi ini menuntut para pendidik untuk dapat membuat sebuah pembelajaran yang bermakna untuk anak dengan memanfaatkan jenis teknologi yaitu tik seperti gawai terutama pada anak usia dini dimana pada usia tersebut adalah usia bermain dan ekploratif. Rumusan masalah disini adalah bagaimana pemanfaatan teknologi pada kegiatan eksplorasi untuk anak. Beragamnya karakteristik anak, antrensi anak yang belum bertahan lama menjadi tantangan dalam pemanfaatan teknologi pada kegiatan eksplorasi ini. Mengetahui manfaat teknologi dalam sebuah pembelajaran pada kegiatan eksplorasi untuk anak merupakan tujuan dari penelitian ini. Deskriptif adalah metode yang digunakan dan kualitatif adalah pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Observasi, wawancara dan dokumentasi adalah Teknik pengumpulan data yang digunakan. Teknik analisis naratif digunakan dalam penelitian ini. Lokasi penelitian dilaksanakan di Paud Nurul Ilmi Bandung. Hasilnya adalah guru dapat memanfaatkan teknologi pada kegiatan eksplorasi untuk anak. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah mengenai pemanfaatan teknologi untuk membuat variasi kegiatan yang bermakna melalui kegiatan eksplorasi pada anak usia dini.

References

Yulianti, D. ( 2010 ). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak -Kanak. Jakarta: PT Indeks.

Augusta. ( 2012 ). Pengertian Anak Usia Dini. Retrieved October 2. 2020. From http://infoini.com/Pengertian Anak Usia Dini.

Syahyuni, T. ( 2019 ). Pengaruh pembela

jaran melalui Media Teknologi In-formasi Komunikasi ( TIK ) dan Media Cetak Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini di Tk Aminah Hamdi. Kec. Medan Marelan Kota Medan. Retrieved March 4, 2021 from http://proceeding.uma.ac.id/index.php/ptdomgtg/article/view/164

Munir. ( 2008 ) Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komu-nikasi. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, A., Rahardjo, R., & haryono, A. (2009 ). Media Pendidikan pengertian pengembangan dan manfaatnya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Bates, T. ( 1995 ). Technology, Open Learning and Distance Educa-tion. London : Routledge

Nuraeni, L. ( 2017 ) Pengembangan Kognitif, Kreatifitas dan Bahasa. Bandung: IKIP Siliwangi.

Muftianti, A. (2019). Penyusunan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Keterampilan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 6(2), 178-186.

Gultom, H., Sirodjudin, M. K., & Windarsih, C. A. (2020). PEMBELAJARAN COOKING CLASS MELALUI METODE STEAM UNTUK MENINGKATKAN ASUPAN GIZI PADA ANAK USIA DINI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(6), 582-590.

Pamilu, A. ( 2007). Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan, Panduan Lengkap Cara Mendidik Anak untuk Orang Tua. Yogyakarta : Citra Media.

Kurniati, E., & Rachmawati, Y. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak–Kanak. Kencana, Jakarta.

Downloads

Published

2021-12-04