MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SENI ANAK MELALUI ME-DIA LOOSE PARTS DALAM PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Eva Laelasari KB Al-Jihad, Cimonyet Karanganyar Cililin
  • Chandra Asri Windarsih PG PAUD IKIP Siliwangi, Jalan Jenderal Sudirman Cimahi
  • Syah Khalif Alam PG PAUD IKIP Siliwangi, Jalan Jenderal Sudirman Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.9504

Keywords:

Creativity Arts, Loose Parts, Early Childhood

Abstract

This research is motivated by the lack of creativity of early childhood art in imagining, issuing ideas, and exploring through the media. Therefore, it takes a game that can stimulate these abilities. The purpose of the research is to describe loose parts of media in developing children's artistic creativity in online learning, the 2020/2021 school year. This study uses a qualitative descriptive method with the research subjects of children aged 5-6 years who numbered 14 children of group B in KB Al-Jihad. Research data collection techniques are documentation, observation, and interviews. Data analysis in the form of data reduction activities, data display, and conclusion drawing. The results of this study showed that after doing activities using loose parts media, children's artistic creativity skills can develop according to the stage of development, using simple media such as natural materials, plastic materials, metal, wood and bamboo, glass and Kramnik, and packaging containers, which are implemented according to the theme of learning. In addition, it was found that using loose parts can develop the creativity of children's art characterized by children being able to think creatively and innovatively, and can foster new relationships with the environment.

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kemampuan kreativitas seni anak usia dini dalam berimajinasi, mengeluarkan ide, serta berkesplorasi melalui media. Dengan sebab itu, dibutuhkan sebuah permainan yang dapat menstimulus kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan media loose partsdalam mengembangkan kreativitas seni anak pada pembelajaran daring, tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 14 anak kelompok B di KB Al-Jihad. Teknik pengumpulan data peneliti yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis datanya berupa aktivitas reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah melakukan kegiatan menggunakan media loose partskemampuan kreativitas seni anak dapat berkembang sesuai tahap perkembangannya, dengan menggunakan media sederhana seperti bahan alam, bahan plastik,logam, kayu dan bambu, kaca dan kramik, dan bekas kemasan, yang di implementasikan sesuai tema pembelajaran. Selain itu, ditemukan bahwa dengan menggunakan loose partsdapat mengembangkan kreativitas seni anak ditandai dengan anak mampu berpikir kreatif dan inovatif, serta dapat menumbuhkan hubungan baru dengan alam sekitar.

References

Alam, S. K., & Lestari, R. H. [2019]. Pengembangan kemampuan bahasa reseptif anak usia dini dalam memperkenalkan bahasa inggris melalui flash card. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1).

Damayanti, A., Rahmatunnisa, S., & Rahmawati, L. (2020). Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Steam Dengan Media Loose Parts. Jurnal Buah Hati, 7(2), 74-90.

Gultom, H., Sirodjudin, M. K., & Windarsih, C. A. (2020). PEMBELAJARAN COOKING CLASS MELALUI METODE STEAM UNTUK MENINGKATKAN ASUPAN GIZI PADA ANAK USIA DINI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(6), 582-590.

Hanifah, T. M. N., & Atika, A. R. (2020). Mengembangkan bahasa reseptif anak usia dini melalui tebak gambar. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3), 196-204.

Helista, C,. N. [2020]. “SETAMâ€, PGPAUD Universitas Negeri Semarang, [19 Juni. 2019] [Online]. http://pgpaud.unnes.ac.id/semina-nasional-tigapakar-bedahsteamuntuk-anak-usia-dini. [Diakses: 26 Januari 2021].

Huliyah, M. (2017). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 60-71.

Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal warna, 2(2), 15-28.

Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2020). Penerapan Bermain Loose Parts untuk Kemampuan Memecahkan Masalah Sederhana Anak Usia 4-5 Tahun. PEDAGOGIKA Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(2), 104-115.

Sari, D. K. (2018). Penerapan Permainan Kartu Angka dalam Mengembangkan Logika Matematika Anak Usia 5-6 Tahun di TK Widya Bhakti Tanjung Senang Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Sari, D. N., & Khotimah, N. (2018). MENINGKATAKAN KEMAMPUAN SENI ANAK DENGAN TEKNIK KREASI CAP JARI WARNA-WARNI KELOMPOK B TK PERTIWI PUCANGSIMO KECAMATAN BANDARKEDUNGMULYO JOMBANG. Jurnal PAUD Teratai, UNESA. Volume 07 N0, 1.

Septiriani, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Permainan Meniup Cat Poster dapat Meningkatkan Perkembangan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1091-1100.

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2021). Persepsi guru dampak pandemi Covid-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633-640.

Wulandari, M. A., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., Altaftazani, D. H., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis pembelajaran “daring†pada guru sekolah dasar di era covid-19. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 164-168.

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Supriyenti, A. (2013). Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak Melalui Kegiatan Mencetak dengan Bahan Alam di Paud Aisyiyah Lansano Pesisir Selatan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(2).

Downloads

Published

2022-03-02