IMPLEMENTASI METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP PROSOSIAL ANAK USIA DINI PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Authors

  • Siti Rohmah SPS ASA AYOSO, Kab. Bandung Barat
  • Chandra Asri Windarsih PG-PAUD IKIP SILIWANGI, Jalan Jenderal Sudirman Cimahi
  • Syah Khalif Alam PG-PAUD IKIP SILIWANGI, Jalan Jenderal Sudirman Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i6.p%25p

Keywords:

Role Playing Method, Prosocial Attitude, Early Childhood

Abstract

This study aims to describe the implementation and results of learning during the Distance Learning period using the role-playing method that can develop children's prosocial attitudes. This research was conducted at SPS Asa Ayoso in the 2020-2021 school year. The focus of this research is to develop children's prosocial attitudes towards other people and the environment around them so that children's prosocial attitudes can develop. This study used a qualitative descriptive method with the research subjects of group B children totaling 12 children at SPS Asa Ayoso. Data collection techniques in this study are observation, interviews and documentation, data analysis used in the form of data reduction activities, data display, and concluding. The results of this study indicate that after carrying out learning activities using role-playing methods, children's prosocial attitudes can develop. By playing the roles of doctors, sellers, and buyers, mothers who are cooking are implemented according to the learning theme in the group method. In addition, it was found that using the role-playing method can develop a willingness to share, want to help, and be able to cooperate with children as part of a prosocial attitude.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasidan hasil dari pembelajaran pada masaPembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan menggunakan metode bermain peran yang dapat mengembangkan sikap prososial anak, Penelitian ini dilaksanakan diSPS Asa Ayosotahun ajaran 2020-2021. Fokus penelitian ini adalah mengembangkan sikap prososial anakterhadap orang lain dan lingkungan sekitar anak, sehingga sikap prososial anak dapat berkembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan subjek penelitian anak kelompok B yang berjumlah 12 anak di SPS Asa Ayoso. Teknik pengumpulan data dalam penilitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data yang digunakan berupa aktivitas reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan metode bermain peran, sikap prososial anak dapat berkembang. Dengan bermain peran sebagai dokter, penjual dan pembeli, ibu yang sedang memasak yang diimplementasikan sesuai tema pembelajaran pada pada metode kelompok. Selain itu ditemukan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran dapat mengembangkan sikap mau berbagi, mau menolong dan dapat bekerjasama pada anaksebagai bagian dari sikap prososial.

References

Aida, N., & Rini, R. A. P. (2015). Pen-erapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampu-an Bersosialisasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1).

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidi-kan Anak Usia Dini Bagi Tum-buh Kembang Anak The Im-portance Of Childhood Education For Child Development. Dina-mika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Aulina, C. N. (2015). Pengaruh bermain peran terhadap kemampuan sosial anak usia dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 59-69.

Dewi, N. L. M. A. (2019). Gambaran Prilaku Prososial Anak Usia Pra-sekolah di TK Maria Fatima Jem-brana Bali. Bali Health Published Journal, 1(1), 15-22.

Fadillah, S. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif (Coop-eratif Learning) dan Kecerdasan Intrapersonal terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun di Kelurahan Umban Sari Pekanba-ru. PAUD Lectura: Jurnal Pen-didikan Anak Usia Dini, 2(01), 91-102.

Fitria, F., Utomo, H. B., & Dwiyanti, L. (2020). PEMBENTUKAN PER-ILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI PER-MAINAN KOOPERATIF. Jurnal Penelitian dan Pengem-bangan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 123-132.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158-167.

Juniarti, F., Jumiatin, D., & Ariyanto, A. A. (2019). MENGEM-BANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI DI RA AL HIDAYAH BAN-DUNG. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(5), 1-6.

Mursid. (2015) Pengembangan Pembela-jaran Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sinamo, Y. H., Zulkifli, Z., & Chair-ilsyah, D. (2020). HUBUNGAN SELF-ESTEEM DENGAN PER-ILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI KOTA PEKANBA-RU. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(1), 125-131.

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Zamzami, E. M. (2020). Aplikasi Edu-tainment Pendukung Pembelaja-ran Jarak Jauh TK Merujuk Standar Nasional PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 985-995.

Downloads

Published

2021-12-05