IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DENGAN METODE BERCAKAP-CAKAP MELALUI MEDIA BALON PINTAR PADA KELOMPOK A DI PAUD SENYUM ANANDA BANDUNG

Authors

  • Elin Herlina Paud Senyum Ananda, Bandung
  • Ema Aprianti IKIP Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i6.p%25p

Keywords:

Online Learning, Language Skills, Conversation Method

Abstract

This article is motivated by the lack of stimulation or training of children's language skills in group A at Senyum Ananda PAUD, because some children find it difficult to communicate and look shy. Therefore, this study provides a solution to develop children's language skills to know the implementation of online learning in improving language skills with the method of conversing through smart balloon media. This research was carried out at the Senyum Ananda PAUD, Bandung, namely in group A children aged 4-5 years, namely 8 children consisting of 3 boys and 5 girls. The method in this study uses a qualitative descriptive method with data collection techniques using observation, documentation, and interviews and data analysis using data display, data reduction, and concluding. Based on the results of the research from the data obtained, the results obtained by implementing activities in group A with the method of conversing through smart balloon media at PAUD Senyum Ananda whose learning was carried out online experienced an increase in language skills, which was seen from the child's speaking ability to be active, communicative, can tell stories and children can answer questions and get results with the goals to be achieved.

Artikel ini dilatarbelakangi karena kurangnya stimulasi atau latihan kemampuan bahasa anak pada kelompok A di PAUD Senyum Ananda, karena ada beberapa anak yang susah untuk berkomunikasi dan terlihat malu-malu. Maka dari itu penelitian ini memberikan solusi untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak dengan tujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring dalam meningkatkan kemampuan bahasa dengan metode bercakap-cakap melalui media balon pintar. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Senyum Ananda Bandung yaitu pada anak usia 4-5 tahun kelompok A yaitu  8 orang  anak terdiri dari anak laki-laki 3 orang dan anak perempuan 5 orang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara dan analisis data menggunakan display data, reduksi data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dari data yang didapat maka diperoleh hasil dengan melakukan implementasi kegiatan di kelompok A dengan metode bercakap-cakap melalui media balon pintar di PAUD Senyum Ananda yang pembelajarannya  dilaksanakan secara daring mengalami peningkatan kemampuan  bahasa yaitu terlihat dari kemampuan berbicara anak menjadi aktif, komunikatif, dapat bercerita serta anak dapat menjawab pertanyaan serta memperoleh hasil dengan tujuan yang ingin dicapai.

References

Amelia, M., & Aprianti, E. (2020) PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN BAHASA TER-HADAP MEMBACA ANAK USIA DINI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(6), 527-536.

Khoiriyah, K., & Rachman, A. U. (2019)Bercakap-cakap sebagai metode kemampuan berbicara anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), pp 38-54

Mariam, E., & Lestari, R. H.(2021) PENERAPAN METODE STORY TELLING DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA EKSPRESIF Jurnal Ceria (Cerdas,Energik,Responsif,Inovatif Adaptif), 4(3), 302-306.

Mastariyah, (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Melalui metode Bercakap-cakap TK Darussalam Pipitan UIN SMH Banten

Mulyani,Y.(2007) Mengembangkan Kemampuan Dasar Balita di Rumah Kemampuan Berbahasa, Sains, Dan Matematika. Jakarta : PT Elex Media Kompetindo.

Permen No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan. Jakarta: Depdikbud.

Putri, D., Fadillah., & Yuniarni, D. (2019) KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP PADA ANAK DI TK BINA INSAN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, (8)9.

Riaz, A. (2018). Effects of Online Education on Encoding and Decoding Process of Students and Teachers. International Conference E-Learning, 42-48. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED590288.pdf.

Sintema, E. J. (2020). E-Learning and Smart Revision Portal For Zambian Primary and Secondary School Learners: A Digitalized Virtual Classroom in the COVID-19 Era and Beyond. Aquademia,4(2), ep20017. https://doi.org/10.29333/aquademia/8253

Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal nasional pendidikan Teknik Informatika. Vol 8(3). Pp 81-86

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung : Alfabeta

Sulistianingsih, T., Munir, Abdul., & Said, Arsyad. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DENGAN MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK A TK UMMATI PALU. (Jurnal Kolaboratif Sains), 1(1), No.1

Surat Edararan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendiidkan Dalam Masa Darurat Coronavirus (Covid-19)

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendiidkan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Tajiah, J., & Windarsih, A. C. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DENGAN METODE BERNYANYI PADA KELOMPOK A DI TK AL-MUAWANAH Jurnal Ceria (Cerdas,Energik,Responsif,Inovatif Adaptif), 3(5), 481-487.

Zakiah, I, & Jumiatin, D. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA ANAK KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN Jurnal Ceria (Cerdas,Energik,Responsif,Inovatif Adaptif), 4(3), 275-280.

Downloads

Published

2021-12-01