IMPLEMENTASI METODE STORYTELLING BERBASIS LIT-ERASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Yani Maryani SPS Nur-Rohman, Jl. Nyalindung, Cihampelas Bandung Barat
  • Arifah A Riyanto IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jendral Sudirman, Cimahi
  • Andrisyah Andrisyah IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jendral Sudirman, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i1.p%25p

Keywords:

Early Childhood, Storytelling, Literacy, Beginning Reading

Abstract

Storytelling is one of the teachers' efforts to provide a fun learning for children in developing children's interests and talents according to their respective abilities. Especially in terms of reading, educators try to be as optimal as possible to find ways to be able to introduce reading activities that are fun for them, because learning while playing or playing while learning has become a principle that should not be lost in any Early Childhood Education (PAUD). , especially in language learning or reading activities, where the factor that causes children to not respond to reading is less varied learning methods that cause children to feel bored easily. By telling stories, children will be able to understand the content of the material, be able to gain knowledge, and be able to implement their daily activities. This study aims to determine the implementation of literacy-based storytelling learning methods that can improve early reading skills in early childhood. The research method used is literature study and uses content analysis to analyze the data. The literature study was obtained based on the results that through the implementation of literacy-based storytelling methods, it was able to improve early reading skills in early childhood. With this literacy-based storytelling method, it is hoped that the teacher can provide a good experience of the culture of reading so that the children will love reading from an early age.

Storytellingmerupakan salah satu upaya guru untuk menyajikan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak didalam mengembangkan minat sertabakat anak sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Terutama dalam hal membaca pendidik berusaha seoptimal mungkin mencari cara untuk bisa mengenalkan kegiatan membaca yang menyenangkan bagi mereka, karenabelajar seraya bermain ataupun bermain seraya belajaryang telah menjadi sebuah prinsip yang tidak boleh lenyap dalam setiap pendidikanAnak Usia Dini (PAUD), terutama didalam kegiatan belajarbahasa atau membaca, dimana faktor penyebab kurang meresponnya anak terhadap membaca adalah kurang variatifnya metode pembelajaran  yang menyebabkan anak merasa mudah bosan. Dengan bercerita anak akan mampu memahami isi materi, dapat menggali pengetahuan dan dapat mengimplementasikan dikeseharaian kegiatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiimplementasi pembelajaran  metode storytellingberbasis literasi yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur danmenggunakan analisis isi untuk menganalisis datanya.Studi literatur diperolehberdasarkanhasil bahwa lewatimplementasi metode storytellingberbasis literasi mampumeningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini. Dengan cara storytellingberbasis literasi ini diharapkan guru dapat memberikan pengalaman yang baik terhadap budaya membaca, agar tertanam dalam diri anak akan cinta baca sejak usia dini.

References

Amalia, T. Z. [2015]. Bercerita Sebagai Metode Mengajar Bagi Guru Raud-latul Athfal Dalam Mengem-bangkan Kemampuan Dasar Bahasa Anak Usia Dini di Desa Ngem-balrejo Bae, Kudus. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(2), 334-353.

Andrisyah, A. [2019]. Peningkatan Ke-mampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Sains Melalui Pen-dekatan Inquiry (Penelitian Tinda-kan di kelompok A TK Bakti Mulya 400, Pondok Indah, Jakarta Selatan Tahun 2015). Tunas Sili-wangi: Jurnal Program Studi Pen-didikan Guru PAUD STKIP Sili-wangi Bandung, 4(2), 60-70.

Ariani, L., & Hariyono, D. S. [2019]. Storytelling Sebagai Metode Dalam Mengembangkan Kemampuan Ber-bahasa Pada Anak Prasekolah. In Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidi-kan (pp. 36-44). http://fppsi.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/5-Storytelling-Sebagai-Metode-Dalam-Mengembangkan-Kemampuan-Berbahasa-Pada-Anak-Prasekolah-36-44.pdf

Ariyanti, T. [2016]. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Develop-ment. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.31219/osf.io/3j9qb

Basyiroh, I. [2018]. Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 120-134.

Marputri, R., & Fitriani, D. [2016]. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Kegiatan Bercerita Di Paud Nurul Hidayah Aceh Be-sar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pen-didikan Anak Usia Dini, 1(3).

Mirzaqon T, A. B. D. I. [2017]. Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Ex-pressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/22037

Muningsih, E., & Kiswati, S. [2015]. Penerapan metode K-means untuk clustering produk online shop da-lam penentuan stok ba-rang. Bianglala Informatika, 3(1).

Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. [2010]. Pembelajaran literasi mata pelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas V sekolah da-sar. Paedagogia, 13(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/153

Permatasari, A. N., Inten, D. N., Mulya-ni, D., & Rahminawati, N. [2017]. Literasi dini dengan teknik berceri-ta. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 3(1).

Setiawan, E., Dewi, M. S., & Ummah, S. [2020]. Story Telling Melalui Dar-ing Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 163-173. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool/article/view/10851

Downloads

Published

2022-01-26