PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI KEGIATAN BERMAIN DADU HURUF PADA KELOMPOK B DI TK IKHSAN MUSLIMIN BANDUNG

Authors

  • Mira Lusiana TK Ikhsan Muslimin, Bandung
  • Ema Aprianti PG PAUD IKIP Siliwangi, Cimahi2

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i6.p%25p

Keywords:

Oline Learning, Children's Language Development, Letter Dice Media

Abstract

This research is motivated by the lack of language development in early childhood, especially in the ability to recognize and distinguish letters, read and write letters, as well as children's ability to answer more complex questions. In developing language skills, practical learning media are needed to introduce letters to children, therefore research uses letter dice media where letter recognition is carried out with fun playing activities, especially during online learning. The study was conducted to determine the implementation of improving language development in children through the activity of playing dice letters in online learning at Ikhsan Muslimin Kindergarten in Bandung. The method used in this research is descriptive qualitative method with data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation, analysis of research data using data reduction, displaying data and drawing conclusions. The research was conducted in 8 meetings, with the research subjects being 8 children in group B of Ikhsan Muslimin Kindergarten in Bandung. From the results of the meetings that have been carried out during online learning, the researchers concluded that online learning to improve language development through the activity of playing dice letters in group B at Ikhsan Muslimin Kindergarten Bandung has increased, seen by children being able to recognize and distinguish letters, able to read and write letters. and able to answer more complex questions.

Penelitian dilatar belakangi oleh kurangnya perkembanganbahasa anak usia dini, terutama dalam kemampuan mengenal dan membedakan huruf, membaca dan menuliskan huruf, serta kemampuan anak dalam menjawab pertanyaan yang lebih kompleks.Dalam mengembangkan kemampuan bahasa diperlukan media pembelajaran yang praktis untuk mengenalkan huruf kepada anak oleh karena itu penelitian menggunakan media dadu huruf dimana pengenalan huruf dilakukan dengan kegiatan bermain yang menyenangkan terutama saat pembelajaran  daring. Penelitian dilakukan untuk mengetahui implementasi peningkatan perkembangan bahasa pada anak melalui kegiatan bermain dadu huruf dalam pembelajaran daring di TK Ikhsan Muslimin Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode deskriptif kualitatif  dengan teknik pengumpulan databerupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, analisis data penelitian menggunakan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Penelitian dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan, dengan subjek penelitian  8 anak dikelompok B TK Ikhsan Muslimin Bandung. Dari hasil pertemuan yang telah dilaksanakanselama pembelajaran daring, penelitimengambil kesimpulan bahwa pembelajaran daring untuk meningkatkan perkembangan bahasa melalui kegiatan bermain dadu huruf  pada kelompok Bdi TK Ikhsan Muslimin Bandung mengalami peningkatan, terlihat dengan anak mampu mengenal dan membedakan huruf, mampu membaca dan menuliskan hurufserta mampu menjawab pertanyaan yang lebih kompleks.

References

Aprianti, E., Nafiqoh, H., & Rohaeti, E. E. (2019). METODE PEMBELAJARAN BERMAIN KARTU KATA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN KOGNITIF DI TK TRIDAYA CIMAHI. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 16-23.

APRILLIANY, D. (2019). Efektivitas Bermain Dadu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada AUD di Kelompok A TK Negeri Satu Atap Dawuan Desa Dawuan Kecamatan Tengah Tani Kabupaten Cirebon.

Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL SOSIAL: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53-56.

Ilmiyah, A. (2020). Penerapan Permainan Dadu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bahasa Anak Kelompok B di RA Al-Fattah Karangduren Pakisaji Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Malang).

Kurniati, E. (2017). Perkembangan Bahasa pada Anak dalam Psikologi Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 47-56.

Mutiah, D. (2015). Psikologi bermain anak usia dini. Kencana.

Nafiqoh, H., Aprianti, E., & Rohaeti, E. E. (2019). Peningkatan Keaksaraan Awal dan Pengenalan Kemampuan Berhitung Dasar Anak Usia Dini dengan Menggunakan Model Maya Hasyim. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Safira, P. ANALISIS PROBLEMATIKA GURU DAN ORANG TUA ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN DARING.

Sintema, E. J. (2020). E-Learning and Smart Revision Portal for Zambian primary and secondary school learners: A digitalized virtual classroom in the COVID-19 era and beyond. Aquademia, 4(2), ep20017.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2021-12-18