PEMBELAJARAN DARING MELALUI PRAKTEK BERNYANYI LAGU TEMA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK PADA KELOMPOK A DI RA SABILIL HUDA

Authors

  • Ai Holisoh RA Sabilil Huda Kp Andir, Ciburuy Padalarang
  • Ema Aprianti IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jendral Sudirman, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i6.p%25p

Keywords:

Online Learning, Theme Song Singing Learning, Language Ability

Abstract

This study aims to explain online learning by practicing songs on a song themeto improve the language skills of Group A children byRaudhatul Athfal (RA) Sabilil Huda.The subjectof this study wasall children ofGroup A of Saviril FudaAcademic Year 2020/2021 in Loudhatru Asphal(RA), soa total of 8 peopleconsisting of 3boys and 5 girls I was a child.This survey is a qualitative anddescriptive survey method that uses instrumental data collection techniques in the form of interview guidelines, observations,documentation, data presentation, data reduction,and finaldata analysis. Conclusions can be drawn based on the findings of the dataobtained and the results of media singing activities by RASabilil Huda studying online to learnGroup A theme songs.I can do it. RA SabililHuda'sGroup A children'slanguage skills are very good in the development category. Field observations have shown that learning to play nursery rhymescan be used as a medium to improve children'slanguage skills. 

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pembelajaran online melalui latihan menyanyi dan pembelajaran theme song untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok A di Raudhatul Athfal (RA) Sabilil Huda. Subyek penelitian ini adalah seluruh anak Kelompok A Raudhatul Athfal (RA) Sabilil Huda Tahun 2020/2021, dengan jumlah anak delapan orang yang terdiri dari tiga laki-laki dan lima perempuan. Survei ini merupakan metode survei deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data instrumental berupa pedoman wawancara, observasi, dokumentasi, penyajian data, reduksi data, dan analisis data kesimpulan. Berdasarkan hasil survey yang diperoleh dari data yang diperoleh, maka hasil kegiatan bernyanyi pada media pembelajaran lagu tema kelompok A RASAbilil Huda belajar online adalah sebagai berikut. Kami sampai pada kesimpulan bahwa kemampuan bahasa anak-anak RA Sabilil Huda Kelompok A berkembang sangat baik dalam kategori ini. Observasi di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran lagu anak-anak dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak.

References

Anwar. (2016). Pendidikan Anak Dini Usia. Jakarta. Alfabeta

Aprianti, E. (2018). Penerapan pembelajaran BCM (bermain, cerita, menyanyi) dalam konteks perkembangan sosial emosional anak usia dini di Kober Baiturrohim Kabupaten Bandung Barat. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 195-211.

Fadlillah, M & Khorida, L.M. (2018). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.

Sari, P. (2017). Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Quro, 6(2), 20–35.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 8(1), 81-86.

Tajiah, J., & Windarsih, C. A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bernyanyi Pada Kelompok A di TK Al-Muawanah. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 481-487.

Tohirin, (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam pendidikan dan bimbingan Konseling , Jakarta. Raja Grafindo Pancasila

Wahyuningsih, S. (2017). Lagu Anak Sebagai Media Dalam Mendidik Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Thufula, 5(1), 150-180.

Downloads

Published

2021-12-18