PEMBELAJARAN DARING STIMULASI KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI METODE BERCERITA

Authors

  • Eva Purnama Kober Al Bana, Kota Bandung
  • Ifat Fatimah Zahro IKIP Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i1.p%25p

Keywords:

Online Learning, Receptive Language Skills, Storytelling Method

Abstract

This research is motivated by the difficulty of stimulating the language development of children with special needs during online learning who really need parental guidance in the implementation process. Receptive language disorders in children with special needs can be motivated by a lack of learning activities in exploration in the school environment, lack of stimulation or stimulus in learning, such as jaw exercises, word pronunciation exercises, lack of therapy that children get through experts in their fields. The purpose of this study was to stimulate the receptive language aspect of children with special needs through the storytelling method. Receptive language skills in children with special needs need to be stimulated to provide feedback so that children with special needs can understand the spoken language they hear or read, this ability is input or input. The research method used is descriptive qualitative method with data collection techniques of observation, interviews, documentation. The research was conducted in Kober Al Bana with a focus on one of the children with special needs. The results obtained in the application of the storytelling method to stimulate the learning of receptive language skills in children with special needs online with the planning and implementation stages through learning videos sent by the teacher via WhatsApp groups. This research can develop the receptive language skills of children with special needs which is carried out during online learning and obtain results with the goals to be achieved.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya merangsang perkembangan bahasa anak berkebutuhan khusus pada masa pembelajaran online yang sangat membutuhkan bimbingan orang tua dalam proses pelaksanaannya. Gangguan bahasa reseptif pada anak berkebutuhan khusus dapat dilatarbelakangi oleh kurangnya kegiatan belajar dalam eksplorasi di lingkungan sekolah, kurangnya rangsangan atau stimulus dalam belajar, seperti latihan rahang, latihan mengucapkan kata, kurangnya terapi yang didapatkan anakmelalui para ahli di bidangnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menstimulus aspek bahasa reseptif anak berkebutuhan khusus melalui metode bercerita dalam pembelajaran daringnya. Kemampuan bahasa reseptif pada anak berkebutuhan khusus perlu dirangsang untuk memberikan umpan balik agar anak berkebutuhan khusus dapat memahami bahasa lisan yang didengar atau dibacanya, kemampuan ini bersifat input atau masukan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian dilakukan di Kober Al Bana dengan fokus pada salah satu anak berkebutuhan khusus. Hasil yang diperoleh dalam penerapan metode mendongeng untuk merangsang pembelajaran keterampilan bahasa reseptif pada anak berkebutuhan khusus secara online dengan tahapan perencanaan dan pelaksanaan melalui video pembelajaran yang dikirimkan oleh guru melalui grup WhatsApp. Penelitian ini dapat mengembangkan kemampuan bahasa reseptif anak berkebutuhan khusus yang dilakukan selama pembelajaran online dan memperoleh hasil dengan tujuan yang ingin dicapai.

References

Desningrum, R., D. (2007). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Depdiknas, 1–149.

Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2020). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 237–246. https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/197/pdf

Fauziah, F., & Rahman, T. (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(02), 108–114. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i02.870

Khairunisa Rani, Rafikayati, A., & Jauhari, M. N. (2018). Keterlibatan Orangtua Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 55–64. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1636

Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015

Khoyimah, A. N., Khasanah, A., & Kultsum, U. (2019). Implementasi Pendidikan Inklusi di TK Desa Mranggen 01 Sukoharjo. Journal of Multidisciplinary Studies, 3(2), 291–320.

Risnawati, A. 2020. Penerapan Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Dalam Pengembangan Bahasa Anak Pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal Yosomulyo - IAIN Repository. Metrouniv.ac.id. https://doi.org/http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3960/1/SKRIPSI.pdf.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung

Setiodjati,P.,J. (2012). Membangun Sistem Pendidikan Nasional Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Antusias, 2(2), 160–169. Https://Sttintheos.Ac.Id/E-Journal/Index.Php/Antusias/Article/View/40

Downloads

Published

2022-01-31