MENGEMBANGKAN MINAT KEWIRAUSAHAAN PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN BALOK

Authors

  • Mamah Hermalasari PG-PAUD, IKIP Siliwangi, Cimahi
  • Agus Hasbi Noor IKIP Siliwangi, Cimahi
  • Rohmalina Rohmalina IKIP Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i1.p%25p

Keywords:

Entrepreneurship, Early childhood, Play blocks

Abstract

The purpose of this article is to find out how to develop an entrepreneurial interest in early childhood through the method of playing beams. The method used in writing this article uses the method of literature study by collecting data from some of the results of previous research. Data collection is done to find out the correlation between developing early childhood entrepreneurship interests and methods of playing blocks. Some of the data was taken from 8 journal articles which were then followed by reading other reading sources. The data collected was then analyzed using content analysis techniques. And based on the results of previous research that it is necessary to apply habituation in early childhood that aims to develop the interest of entrepreneurship of children by playing beams. And it is expected that through playing beams children better understand the concepts of size, geometry, composing, numeration, are more communicative, have tolerance and empathy, and can understand to negotiate. As well as children have creativity in making new ideas and can combine, reconstruct old ideas and have innovations and are expected through this beam game children have added value for themselves and others.

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui cara mengembangkan minat kewirausahaan pada anak usia dini melalui metode bermain balok. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan data dari beberapa hasil penelitian sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan untuk mengetahui korelasi antara mengembangkan minat entrepreneurship anak usia dini dan metode bermain balok. Beberapa data diambil dari 12 artikel  yang kemudian dilanjutkan dengan membaca sumber bacaan lainnya, yaitu 2 buku dan 5 journal.  Dari data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan  menggunakan teknik analisis isi. Dan berdasarkan hasil penelitian sebelumnya bahwa perlu menerapkan pembiasaan pada anak usia dini yang bertujuan untuk mengembangkan minat entrpreneurship anak dengan bermain balok. Dan diharapkan melalui bermain balok anak lebih memahami konsep ukuran, geometri, menyusun, membilang, lebih komunikatif, memliki toleransi dan empati, serta mampu memahami untuk bernegosiasi. Serta anak memiliki kreativitas dalam membuat ide baru dan mampu mengkombinasikan, merekonstruksi ide lama dan memiliki inovasi baru dan diharapkan melalui permaian balok ini anak memiliki nilai tambah bagi diri sendiri dan orang lain.


References

Adnyana, I. G. L. A., & Purnami, N. M. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, self efficacy dan locus of control pada niat berwirausaha (Doctoral dissertation, Udayana University).

Agus Susanti, S. E. M. M. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Ber-wirausaha Dan Lingkungan Keluar-ga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Pada Akademi Kese-jahteraan Sosial Ibu Kartini). E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 14(2), 80-88.

Akademi Entrepreneurship Tunas Bangsa. [2021]. Pengertian Entrpreneurship (Kewirausahaan). Retrieved November 19, 2021. From httpas://www.entrepreneurship-terangbangsa.ac.id/artikel/2021/11/17.

Andriani, D. [2020]. Saatnya Menanamkan Jiwa Entrepreneurship Pada Anak. [2020, Juli 30].https://lifestyle.bisnis.com/read/20200730.

Astri, D. [2020]. 7 Manfaat Bermain Balok Bagi Kecerdasan dan Krea-tivtasnak. Retrieved November 23,2021. From https://www.popmama/kid/1-3-yearsold/astridiana/manfaat-bermain-balok-bagi-kecerdasan-dan-kreativitas-anak.

Dini. [2016]. 5 Manfaat Bermain Balok untuk Si Kecil. Retrieved November 23, 2021 from https://nakita.grid.id/read/024408

Harismi, A. [2020]. Memahami Pengertian Anak Usia Dini dan Karakteristiknya. Retrieved November 23, 2021. From https://www.sehatq.com/2020/20/08/memahami-pengertian-anak-usia-dini-dan-karakteristiknya.

Imayatul,W. [2021]. Pentingnya Pengenalan Jiwa kewirausahaan pada Anak-anak Sejak Dini. [2021, Juni 21]. Kompasiana. Retrieved November, 23, 2021. https://www.kompasiana.com/imayatul-wardah/60d0b2fdbb44866bef3dcca2

Jufri, M & Wirawan, H. (2017). Internalisasi Jiwa Kewirausahaan Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Kencana, M. R. B. [2020]. 6,88 Juta Orang Indonesia Menganggur Pada Febuari 2020. Liputan6. Retrieved November 22, 2021. From httpas://www.liputan6.com/bisnis/read/4245886.

Mashud, I. (2016, August). Membangun jiwa wirausaha siswa melalui kegiatan jual beli (analisis kegiatan market day sekolah dasar islam yakmi kota tangerang). In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Muliawan, J. U. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Dengan Studi Kasus. Yogyakarta: Gava Media.

Nurhafizah, N. (2018). Bimbingan awal kewirausahaan pada anak usia dini. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(3), 205-210.

Okti. [2020]. Kewirausahaan Anak Sejak Dini. [2020, November 15] Kompasiana. Retrieved November 22, 2021. From https://www.kompasiana.com/oktia19718/5fb0ef178ede48308258fa84

Pamungkas, M. A. [2020]. Cara Menanamkan Jiwa Kewirausahaan Pada Anak & Metode Yang Dipakai. Retrieved November 16, 2021. From https://tirto.id/caramenanamkan-jiwa-kewirausahaan-pada-anak-&-metode-yang-dipakai.

Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 Tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif.

Rohmalina, R. (2017). 3R “(Reduce, Re-use, Recycle)“SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN PAUD DALAM MENYONGSONG INDONE-SIA BEBAS SAMPAH DI PAUD SIAGA KOTA CIMAHI. Tunas Sili-wangi: Jurnal Program Studi Pen-didikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 43-53.

Agus Susanti, S. E. M. M. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Ber-wirausaha Dan Lingkungan Keluar-ga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Pada Akademi Kese-jahteraan Sosial Ibu Kartini). E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 14(2), 80-88.

Skihah. [2018]. Menumbuhkan Kecerdasan Anak Melalui Permainan Balok. Retrieved November 17, 2021 From https://ruanggurupaud.kemdikbud.go.id/berita/index/20180906204726

Yulianti. [2019]. Mewujudkan Pendidikan “Entrepreneurship†Usia Dini Berbasis Teknologi. [2019, Mei 10]. Kompas. Retrieved November 22, 2021 From.https://edukasi..kompas.com/read/2019/05/10/16113731/mewujudkan-pendidikan-entrepreneurship-usia-dini-berbasis-teknologi.

Downloads

Published

2022-01-26