PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN DENGAN METODE AT-TIBYAN PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Ranti Nurdianti Lembaga Pendidikan Tahfidz Anak Usia Dini Sahabat Qur’an (TAUD SaQu) Mutiara Al Kautsar Bandung
  • Arifah A Riyanto Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi
  • Lenny Nuraeni Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i1.p%25p

Keywords:

Online Learning, Reading Competency, At-Tibyan Method

Abstract

This study aims to describe online learning to improve the ability to read the Qur'an with the At-Tibyan method in early childhood, this is motivated by the data from the observations of researchers that the achievement of the ability to read the Qur'an as the target achievement in the curriculum still needs to be improved.  This study uses a qualitative approach with a descriptive method, with the subject of the principal, teachers, and children aged 5-6 years (TK B). Data collection techniques are through observation, interviews, and document studies with triangulation, data analysis techniques are carried out through the stages of data collection, data reduction, data presentation, conclusion drawing, and verification. The results of this study indicate that the At-Tibyan Method can be carried out effectively in Online Learning to improve the ability to read the Qur'an while still paying attention to the consistency of the method application procedures. The At-Tibyan method and its procedures have been adapted to the developmental stage of reading the Qur'an of early childhood consistently at every stage of its development, thus the success of this method will greatly depend on the consistency of the application of the method according to the general references contained 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran daring untuk meningkatkan ke-mampuan membaca Al Qur’an dengan metode At-Tibyanpada anak usia dini, hal ini dilatarbe-lakangi oleh adanya data hasil obeservasi peneliti bahwa pencapaian kemampuan membaca Al Qur’an sebagaimana target pencapaian pada kurikulum masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan subjek kepala sekolah, guru dan anak usia 5-6 tahun (TK B). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen dengan triangulasi, teknik analisis data dilakukan melalui tahapan pengum-pulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menun-jukkan bahwa Metode At-Tibyandapat dilakukan secara efektif dalam Pembelajaran Daring untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an dengan tetap memperhatikan konsistensi terhadap prosedur penerapan metode. Metode At-Tibyandan prosedurnya telah menyesuaikan pada tahap perkembangan membaca Al Qur’an anak usia dini secara konsisten pada setiap tahap perkembangannya, dengan demikian keberhasilan metode ini akan sangat tergantung pada konsistensi dari penerapan metode tersebut sesuai acuan umum yang terdapat dalam Dalil Mua’lim.

References

Anam, S. (2020). Efektifitas Metode At-Tibyan Dalam Pembelajaran Mem-baca Al-Qur’an Anak Usia Dini Di TAUD SAQU Nurussunnah Di Kecamatan Tembalang Kota Sema-rang. Jurnal Komunikasi dan Pen-didikan Islam, 9(2), 95–101.

Bakr, A. (2014). Dalil Mua’lim Metode At-Tibyan. Madinah.

Abdurrosyid, A. (2019). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Pada Anak Usia Dini Di Ra Nuris Sufyan Liridlallah,†Islamic EduKids, 1(2), hal. 20–26. doi: 10.20414/iek.v1i2.1654.

Ahmadi, A. & Sholeh, M. (2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ats-tsuwaini, M. F. (2008). Agar Anak Cinta Al-Qur’an. Solo: Mumtaza.

Azwar, S. (2011). Sikap dan Perilaku Dalam: Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa pada Pandemi Covid-19.

Hemah, E., Sayekti, T. & Atikah, C. (2018). “Meningkatkan Kemam-puan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun,†Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), hal. 1. doi: 10.30870/jpppaud.v5i1.4675.

Nasih, A. M. & Kholidah, L. N. (2009). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ban-dung: PT Refika Aditama.

Rahim, F. (2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rahmat, J. (2013). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setyawan, F. H. (2016). “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android,†Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 3(2), hal. 92–98.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Ja-karta: Rineka Cipta.

Sugiyono, (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-02-01