PEMBELAJARAN MOTORIK HALUS MELALUI MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Yani Rohyaningsih Kober Baiturrahman Jl. Lemah Neundeut II No 151/142 B Bandung
  • Chandra Asri Windarsih IKIP Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i1.p%25p

Keywords:

Fine Motor, Natural Materials, Early Childhood

Abstract

Fine motor learning is the process of providing guidance or assistance to students by performing actions related to smooth/small muscles that are coordinated with the senses, namely the eyes and hands, such as moving the fingers. The media in this study used materials directly from nature in the surrounding environment, with the aim of analyzing the impact of fine motor skills on children aged 4-5 years with natural media. In this study, the researcher used a descriptive qualitative approach which was carried out by collecting data from the results of the work, observation, and documentation. With a research sample of 13 children. As for data analysis using data reduction, data display, and conclusions. The results obtained from this study are that there is an increase in the ability of children's fine motor development in learning through the media of very good natural materials. BSB). So it can be concluded that with fine motor learning through the media of natural materials children become more developed.

Pembelajaran  motorik halus adalah  proses memberikan bimbingan atau bantuan kepada peserta didik denganmelakukan tindakan yang berhubungan dengan otot halus/kecil yang terkoordinasi dengan alat pengindraanyaitu  mata dan tangan seperti menggerakan jari jemari.Media dalam penelitian ini menggunakan bahan langsung dari alam dilingkungan sekitar,  dengan tujuan untuk menganalisis dampak motorik halus pada anak kelompok usia 4-5 tahun dengan media bahan alam. Pada penelitian ini, peneliti  menggunakan metodependekatan kualitatif  deskriptifyang dilakukan dengan  teknik pengumpulan data hasil karya, observasi dan dokumentasi. Dengan sampel penelitian berjumlah13  anak . Adapun untuk analisis data  menggunakan reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil yangdiperolehdari penelitian ini  yaitu adanya peningkatan kemampuan perkembangan motorik  halus anak dalam pembelajaran melalui media bahan alam sangat baik  berdasarkan hasil akhir penelitian menunjukan terjadi peningkatan nilai perkembangan ,  dari hasil penilaian awal Mulai Berkembang (MB) sampai akhir nilai perkembangannya mencapai Berkembang Sangat Baik (BSB). Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa dengan pembelajaran motorik halus melalui media bahan alam anak menjadi lebih berkembang. 


References

Cllaudia, E. S., Widiastuti, A. A., & Kurniawan, M Suwandayani B.I ( 2018 ) Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauffman Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar . 2(1), pp. 78-88.

Depdiknas (2007). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Kulrikulum dan Hasil Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang.

DUNGGIO, N. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MADANI DESA BUBAA KECAMATAN PAGUYAMAN PANTAI KABUPATEN BOALEMO. Skripsi, 1(153414006).

Fauziah, N. (2013). Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Ilmiah Visi, 8(1), 23-30.

Hamidah, M. U. W., & Aprilina, S. R. (2016). Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Pembuatan Media Daur Ulang di Lingkungan Sekolah. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(1), 56-64.

Mursid. (2018). Belajar dan Pembelajaran . Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Nasution. (2012). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Yogyakarta: Bumi Aksara.

Nurlaili. (2019) Modul Pengembangan Motorik Anak Usia Dini. UIN SU. Medan

Pertiwi C.M. (2016). Peningkatan Kreatifitas Siswa Melalui Model Project Based Learning Menggunakan Media Flip Chart Dalam Pembelajaran IPS Universitas Pendidikan Indonesia Bandung (13)

Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tanggal 19 September 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Santoso , Soegeng. 2007. Dasar-Dasar Pendidikan Tk. Jakarta: universitas terbuka

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Visi media.

Downloads

Published

2022-01-26