IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI DI MASA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Nia Rijkiyanti TK Al Khosim Sindangkerta, Bandung Barat
  • Ririn Hunafa Lestari IKIP Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i1.p%25p

Keywords:

Fine Motor Skills, Origami Paper Folding, Online Learning

Abstract

This research was conducted and based on the lack of creativity and stimulus for the development of children's fine motor skills in daily activities, it is actually still difficult for group B students during the online learning period which needs guidance and parental participation in the implementation process due to online learning. Therefore, the study wanted a solution to develop children's fine motor skills with the aim of knowing the implementation of developing children's fine motor skills with origami paper folding activities carried out online learning. This research was carried out at Al Khosim Sindangkerta Kindergarten, namely for children aged 5-6 years group B, totaling 13 people consisting of 5 boys and 8 girls. The methodology in this study uses descriptive qualitative methods with data collection techniques of observation, interviews, and documentation and data analysis using data reduction, data display, and drawing conclusions. Based on the results of research that has been carried out in the field, results can be obtained by implementing activities through folding origami paper which can develop the fine motor skills of group B children carried out during online learning and obtain results with the goals to be achieved.

Penelitian ini  dilakukan dan dilatarbelakangikurangnya kreativitas danstimulus perkembangan keterampilanmotorik halus anak dalamkegiatan sehari-hari, secara nyata masih  sulit dilakukan oleh anak didik kelompok Bdimasa pembelajaran daring yang mana perlu bimbingan dan peran serta orangtuadalam proses pelaksanaannya dikarenakan belajarnya secara daring. Maka dari itu penelitian ini memberikam solusi untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anakdengan tujuan untuk mengetahuiimplementasimengembangkan keterampilanmotorik halus anak dengan kegiatan  melipat kertas origamiyang dilakukan secara pembelajaran daring. Penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-kanak  Al Khosim Sindangkerta yaitu pada anakusia 5-6 tahunkelompok B yang berjumlah 13 orang yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 8 anak perempuan.Metodologi pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi dan analisis data menggunakan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dilapangan dapat diperoleh hasil dengan melakukan implemetasi kegiatan melalui melipatkertasorigami yang dapat mengembangkan keterampilanmotorik halus  anak kelompok B  yang dilaksanakan dimasa pembelajaran daring dan memperoleh hasil dengan tujuan yang ingin dicapai.


References

Badru, Z., Hernawan, A. H., & Eliyawati, C. (2007). Media dan Sumber Belajar TK. Universitas Terbuka: Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional (2003). Tentang pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: Depdiknas.

Departemen pendidikan Nasional (2020). Tentang Pencegahan Covid -19 Pada Satuan pendidikan. jakarta: Depdiknas

Jannah, A. N. (2019). Peningkatan keterampilan melipat melalui metode demonstrasi di kelompok A TK TAPAS Ar-Rahman Semampir Sedati Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Jumiarsih, C. (2012). Upaya peningkatan Kemampuan Melipat Menggunakan Kertas Origami pada Anak kelompok B di TK AISYIYAH 2 PANDAYEN NGEMPLEK BOYOLALI.

Khadijah, N. A. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Prenada Media.

Mayasari, (2014). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui kegiatan Melipat Kertas (Origami).

Pamadhi, H. (2008). Ruang Lingkup Seni Rupa Anak. Universitas Terbuka. Jakarta.

RIYADI, A. D.(2018).

MENGEMBANGKAN MOTOIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI SENI MELIPAT KERTAS DI RA PERWANIDA 1 BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 20, 2003, tentang tentang Sistem pendidikan Nasional.

Valentina, F., Wulandari, E., & Nuraeni, L. (2019). UPAYA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI AKTIVITAS ORIGAMI DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA ANAK-ANAK KELOMPOK B DI TK BINA NUSANTARA. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(4), 1-6.

Yani, M., & Juliska, G. (2007). Kemampuan Fisik, seni dan Menejeman Diri. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2022-02-03