KINERJA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA INKLUSIF DI SDN GUGUS I KOPANG

Husniati Husniati(1*), Lalu Hamdian Affandi(2), Heri Hadi Saputra(3), Muhammad Makki(4)

(1) Universitas Mataram
(2) Universitas Mataram
(3) Universitas Mataram
(4) Universitas Mataram
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk memetakan kinerja guru dalam mengembangkan kemampuan literasi numerasi siswa inklusif di SDN Gugus I Kopang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek perencanaan pembelajaran sebagian besar guru hanya membuat RPP bagi siswa regular saja, dan merasa kesulitan dalam menyusun PPI (Program Pembelajaran Individual) yang berorientasi literasi numerasi bagi siswa inklusif. Pada pelaksanaan pembelajaran guru sudah mampu menggunakan model, metode, dan media pembelajaran yang relative bervariasi dan dapat mengakomodir kebutuhan siswa inklusif. Selama pembelajaran siswa regulrer terlihat bekerja sama, berdiskusi, dan membantu siswa inklsif untuk memahami materi yang disampaikan guru. Guru juga memberikan pendampingan dan atau bimmbingan khusus secara individual bagi siswa inklusif baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Sedangkan untuk peenilaian pembelajaran, guru juga sudah berusaha menyusun instrument dan butir soal yang berbeda untuk siswa regular dengan siswa inklusif.

Keywords


Kinerja Guru, Literasi Numerasi Siswa Inklusif

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i3.10672

Article Metrics

Abstract view : 48 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats