PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMPERTAHANKAN NILAI LUHUR KEBUDAYAAN BANGSA INDONESIA

Authors

  • Agung Rozali Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Pascasarjana - Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tatang Muhtar Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Pascasarjana - Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.10764

Keywords:

Pendidikan Karakter

Abstract

Penggunaan teknologi beserta fasilitas dalam pendidikan semakin mudah untuk dicari dan digunakan, baik itu oleh guru mau pun oleh siswa itu sendiri. Derasnya ombak globalisasi memberikan kita semua perubahan yang memang ditunggu dan dinanti-nanti atau bahkan perubahan yang tidak diinginkan, dalam hal ini suatu bangsa harus siap untuk menghadapi segala sesuatu yang masuk ke dalam negaranya dalam bentuk budaya, nilai, pemahaman dan lainnya. Pendidikan karakter menjadi sebuah solusi alternatif yang harus semakin diperdalam untuk memperkuat nilai-nilai luhur kebudayaan suatu bangsa agar tidak hilang dan tidak tergeserkan oleh nilai-nilai baru dari luar kebangsaannya. Tujuan penulisan artikel ilmiah ini untuk memberikan penguatan serta penegasan terhadap pentingnya pendidikan karakter untuk menjaga nilai-nilai luhur kebudayaan Bangsa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan desain penelitian kualitatif analisis deskriptif. Hasil kajian menegaskan bahwa pendidikan karakter diperlukan agar menjaga perubahan-perubahan yang tidak diinginkan dapat terhindar dan juga pendidikan karakter diperkuat melalui berbagai macam kajian dan juga cara agar selalu fleksibel terhadap permasalahan yang akan dihadapi di masa depan.

References

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Yuliana, E. D. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter Bangsa Guna Merevitalisasi Ketahanan Bangsa. Buletin Udayana Mengabdi, 9(2).

Singh, B. (2019). Character Education In The 21st Century. Journal of Social Studies (JSS), 15(1), 1-12.

Althof, W., & Berkowitz, M. W. (2006). Moral Education And Character Education: Their Relationship And Roles In Citizenship Education. Journal of Moral Education, 35(4), 495-518.

Isnaini, R. L., Hanum, F., & Prasojo, L. D. (2020). Developing Character Education Through Academic Culture In Indonesian Programmed Islamic High School. Problems of Education in the 21st Century, 78(6), 948.

Agboola, A., & Tsai, K. C. (2012). Bring Character Education Into Classroom. European Journal Of Educational Research, 1(2), 163-170.

Lickona, T. (1996). Eleven Principles of Effective Character Education. Journal of moral Education, 25(1), 93-100.

Dewi, E. R., & Alam, A. A. (2020). Transformation Model for Character Education of Students. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(5), 1228-1237.

Yolcu, E., & Sari, M. (2018). Teachers' Qualities and Self-Efficacy Perceptions in Character Education. Acta Didactica Napocensia, 11, 35-48.

Berkowitz, M. W. (1999). Obstacles To Teacher Training in Character Education. Action in Teacher Education, 20(4), 1-10.

Kim, K., Harris, C. J., & Pham, L. (2018). How Character Education Impacts Teachers. International Journal of Multidisciplinary Perspectives in Higher Education, 3(1).

Turan, F., & Ulutas, I. (2016). Using Storybooks As a Character Education Tools. Journal of Education and Practice, 7(15), 169-176.

Edgington, W. D. (2002). To Promote Character Education, Use Literature for Children and Adolescents. The Social Studies, 93(3), 113-116.

Islam, S. (2017). Karakteristik Pendidikan Karakter; Menjawab Tantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 89-100.

Berkowitz, M. W., & Schwartz, M. (2006). Character Education. Children’s Needs III: Development, Prevention, And Intervention, 15-27.

Badeni, B., & Saparahayuningsih, S. (2019). Who Is Responsible for the Child's Moral Character Education?. Education Quarterly Reviews, 2(1), 23-32.

Berkowitz, M. W. (2012). Understanding Effective Character Education. The‎ Literacy and Numeracy Secretariat Capacity Building Series.

Bates, A. (2019). Character Education And The ‘Priority Of Recognition’. Cambridge Journal of Education, 49(6), 695-710.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles