KORELASI ANTARA KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS V SD

Authors

  • Evi Susanti Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.10872

Abstract

Kemampuan siswa dalam literasi membaca adalah upaya untuk menyelesaikan masalah bukan saja kajian Bahasa Indonesia tetapi Kajian matematikapun perlu pemahaman yang lebih signifikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menelaah korelasi antara kemampuan literasi membaca dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas V Sekolah Dasar  matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis korelasi antara kemampuan literasi membaca dengan kemampuan berpikir kreatif  matematis siswa kelas 5 Sekolah Dasar (SD) . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar kelas 5  di Kabupaten Bandung sedangkan sampelnya sebanyak 30 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes . Hasil penelitian ini Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa korelasi antara kemampuan literasi membaca pemahaman dengan kemampuan berpikir kritis siswa SD terdapat hubungan yang signifikan dibuktikan dengan sig >0,00.

 

 

Kata Kunci: Literasi Membaca Pemahaman, Berpikir Kreatif Matematis

References

Andanik, R. T., & Fitrianawati, M. (2018). Pengaruh Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar, 2 (2), 40, 46.

Arendra, S. S. (2016). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Minat Membaca Buku Pada Siswa SMA Negeri 2 Klaten. (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Rajawali Pers.

Hendriana, H. (2012). Pembelajaran matematika humanis dengan metaphorical thinking untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Infinity Journal, 1(1), 90–103.

Ramadhani, D., & Nuryanis, N. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sd Dalam Menyelesaikan Open-Ended Problem. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 54-62.

Setiawan, H., Dafik, D., & Lestari, N. D. S. (2014). Soal Matematika Dalam Pisa Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. No Title. Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Jember, 224–251.

Suryaman, M. (2015). Analisis hasil belajar peserta didik dalam literasi membaca melalui studi internasional (PIRLS) 2011 . Litera, 14(1).

Syahbana, A. (n.d.). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan contextual teaching and learning. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika.

Tresnawati, T., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 39–45.

Untari, E. (2015). ). Korelasi Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Organisasi Sekolah Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Ngawi Tahun Ajaran 2014/2015. Media Prestasi, 15(2), 41–54.

Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).

Noer, S. H. (2011). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan pembelajaran matematika berbasis masalah Open-Ended. Jurnal pendidikan matematika, 5(1).

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles