PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI MATEMATIKA BANGUN RUANG DI SEKOLAH DASAR

Deni Khanafiah(1), Hilman Hilmawan(2*), Peggi Juansyah(3)

(1) PGSD - STKIP Bina Mutiara Sukabumi
(2) PGSD - STKIP Bina Mutiara Sukabumi
(3) PGSD - STKIP Bina Mutiara Sukabumi
(*) Corresponding Author

Abstract


Berdasarkan kajian awal dan wawancara mengenai pengembangan media pembelajaran Matematika di sekolah dasar, ditemukan berbagai permasalahan diantaranya yaitu pada masa pandemi sebagian besar guru hanya menggunakan media WhatssApp serta kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pengembangan media pembelajaran yang bersifat interaktif untuk siswa. Penelitian ini memiliki tujuan guna menentukan gambaran dalam pengembangan media pembelajaran Matematika, dapat mengembangkan media pembelajaran Matematika berbasis Android, mengetahui hasil refleksi dari pengujian media pembelajaran Matematika berbasis Android, mengetahui keefektifan media pembelajaran Matematika berbasis Android. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development milik Plomp. Dari penelitian ini memperoleh validasi ahli materi dengan persentase 90% ( sangat layak), dan validasi ahli media dengan persentase 75% (layak). Uji coba terbatas yang dilakukan mendapatkan rata-rata skor 3,94 (efektif) serta hasil uji efektifitas N-Gain menyatakan bahwa terdapat nilai yang signifikan antara nilai Pretest dan Posttest dengan skor N-Gain 0,80 dengan persentase 80% yang menyatakan bahwa ROOMMATH efektif digunakan.


Keywords


Pengembangan; Media pembelajaran; Android

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

AYUN, N., & RAHMAWATI, I. (2018). Pengembangan Media Interaktif Si Pontar Berbasis Aplikasi Android Materi Kpk Dan Fpb Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 254773.

Ependi, U., & Sopiah, N. (2015). Pemanfaatan Teknologi Berbasis Android Sebagai Media Belajar Matematika Anak Sekolah Dasar. Ilmiah MATRIK, 17 No 2(3), 109–122.

Fajriah, N. A., Nursalam, N., Suharti, S., & Nur, F. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Cycle dengan Pendekatan Visualisasi terhadap Kemampuan Literasi Matematis ditinjau dari Mathematical Habits of Mind. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1626–1639.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.634

Farida, A. (2016). Profil Kemampuan Spasial Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Edukasi, Knpmp I, 286–295.

Hobri. (2010). Metode Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Khoiriah, N. (2017). Analisis Kemampuan Menyusun Bukti Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas ( SMA ). 1–109.

Maryani, D. (2015). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika. 12(1), 18–24.

Oktaviani, S., Nisa, J., & Baroroh, U. (2019). Hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan balita. Indonesia Jurnal Kebidanan, 3(2), 44–51.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Riduwan. 2013. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sanwidi, A. (2020). Aplikasi Wingeom Dan Media Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Bangun Ruang Geometri. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(4), 731. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i4.548

Susilo, M. A., Otomotif, P. T., Semarang, U. N., Otomotif, P. T., & Semarang, U. N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Wheel Alignment. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 19(2), 91–98.

Widoyoko, Eka Putro. (2011). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i3.10878

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats