EFEKTIFITAS VIDEO KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS

Authors

  • Septi Wahyuningtyas Universitas Muria Kudus
  • Siti Masfuah Universitas Muria Kudus
  • Sekar Dwi Ardianti Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.10909

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Media Video Kontekstual, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media video kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas kelas V di SDN Kebolampang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa-siswi SD N Kebolampang tahun ajaran 2021/ 2022. Adapun teknik  sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Alasan memilih kelas V sebagai sampel karena peneliti menemukan bahwa hasil belajar siswa kelas V rendah atau dibawah KKM selama pembelajaran tatap muka terbatas. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji ketuntasan, uji keefektifan, dan uji n-gain.  Hasil penelitian menunjukan media video kontekstual efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas kelas V SDN Kebolampang. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji one sample t-test yaitu nilai Sig. menunjukkan hasil sebesar 0.03 < 0.05 artinya H0 ditolak, dengan kata lain bahwa hasil rata-rata posttest hasil belajar siswa secara klasikal telah mencapai KKM. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan analisis uji-t dua pihak diperoleh hasil ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” = 2,300. Selanjutnya hasil tersebut dikonsultasikan dengan nilai ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ dengan kriteria pengujian 5% didapatkan ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ = ð‘¡(1−0,05) = 1,671. Kesimpulannya media video kontekstual efektif meningkatkan hasil belajar siswa. 

References

Alicea, A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Berbantu Prezi Dan Geogebra Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat Di Smp. Aksioma, 7(2), 32.

Arif, M.F., Praherdhiono, H., & Adi, E.P. 2019. Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 2(4), 329-335.

Dewi, M. P. & Kristin, F. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Inquiri Pada Siswa Kelas V SD. Mimbar Sekolah Dasar. 4(1), 67-78.

Hapsari, A. I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Contextual untu Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisiologi Hewan. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 94–101.

Jundu, R., Tuwa, P.H., & Seliman, R. Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10(2), 103-111.

Kurniawan, D.C., Kuswandi, D., & Husna, A. 2018. Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP. 4(2), 2405-8780.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1): 686.

Sutikno, M. Sobry dan Fathurrahman, P. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Refika Aditama.

Susanto, A. 2010. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tias, I.W.U. 2017. Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. DWIJACENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik. 1(1), 50-60.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772.

Waryanto, N. 2007. Penggunaan Media Audio Visual dalam Menunjang

Pembelajaran. Makalah disampaikan dalam kegiatan Pengabdian

Masyarakat untuk Guruâ€guru MIPA SMA N 1, SMAN 2 dan SMA N 3

Bantul, Universitas Negeri

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles