ANALISIS KECERDASAN EKOLOGIS SISWA DALAM PROGRAM ADIWIYATA SEKOLAH DASAR NEGERI MANUNGGAL BHAKTI

Gilang Mas Ramadhan(1*), Muhamad Furqon Al Hadiq(2), Salma Chaerunnisa(3)

(1) STKIP Bina Mutiara Sukabumi
(2) STKIP Bina Mutiara Sukabumi
(3) STKIP Bina Mutiara Sukabumi
(*) Corresponding Author

Abstract


Berangkat dari permasalahan lingkungan yang menjadi fokus di tingkat local maupun global program adiwiyata yang merupakan salah satu program kementerian lingkungan hidup republik Indonesia menjadi salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan-permasalahan lingkungan yang terjadi. Adapun yang menjadi fokus penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program Adiwiyata yang dilakukan oleh SDN Manunggal Bhakti serta dinamika kecerdasan ekologis siswa ditinjau baik dari aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program adiwiyata di SDN Manunggal Bhakti serta mengetahui bagaimana kecerdasan ekologis siswa SDN Manunggal Bhakti. Dari hasil penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi program adiwiyata ini dilaksanakan sesuai dengan ketentuan pedoman program dimana ada aspek-aspek yang memang menjadi kriteria penilaian program ini yang meliputi aspek kebijakan berwawasan lingkungan, aspek kurikulum berbasis lingkungan, aspek kegiatan sekolah berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana dan prasarana pendukung yang ramah lingkungan. Dengan berjalannya program ini nyatanya membuat kecerdasan ekologis siswa baik dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan dengan sebelum adanya program Adiwiyata di SDN Manunggal Bhakti.


Keywords


Kecerdasan Ekologis, Program Adiwiyata

Full Text:

PDF

References


Alamsyah Muhammad I. (2020). PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK SD NEGERI 05 BEJI KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG .

Eva Banowati, Dewi Liesnoor, & Takarina Yusnidar. (2015). PERAN SERTA WARGA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN PROGRAM ADIWIYATA DI SMP WILAYAH SEMARANG BARAT. Journal of Educational Social Studies, 4(1).

Goleman Daniel. (2010a). ECOLOGICAL INTELLEGENCE How Knowing The Hidden Impact of What We Buy. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman Daniel. (2010b). ECOLOGICAL INTELLEGENCE How Knowing The Hidden Impact of What We Buy. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hendrawan Budi, Nugraha Mohamad Fahmi, & Nugraha Fajar. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesadaran Ekologis Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Ekopedagogik di Sekolah Dasar . Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 690–690.

Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). TIGA RANAH TAKSONOMI BLOOM DALAM PENDIDIKAN. In EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 2, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Muhaimin. (2015). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH LOKAL DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI EKOLOGIS PADA PEMBELAJARAN IPS. Social Sience Education Journal, 2(1).

Nana Supriatna. (2017). ECOPEDAGOGY Membangun Kecerdasan Ekologis Dalam Pembelajaran IPS (Nita, Ed.; 2nd ed.). PT. Remaja Rosdakarya.

Ramadhan Gilang Mas, & Resmi Citra. (2019). Analisis Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Kearifan Local Cipta Gelar Sukabumi Dalam Mengembangkan Kecerdasan Ekologis. Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 11(2), 102–192.

Setiawati Tati. (2016). PENINGKATAN KECERDASAN EKOLOGIS PESERTA DIDIK DALAM BERTRANSPORTASI HEMAT BBM MELALUI PEMBELAJARAN IPS KONTEKSTUAL (PTK di Kelas VII A SMP Negeri 2 Tomo Kabupaten Sumedang Pada Materi Kelangkaan Sumber Daya Alam). International Journal Pedagogy of Social Studies, 1(2), 16–4.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.; 2nd ed.). Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i3.10936

Article Metrics

Abstract view : 17 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats