Pengembangan bahan ajar powerpoint interaktif berbantuan model contextual teaching and learning untuk meningkatkan pemahaman pada mata pelajaran PPKn siswa kelas V
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.11275Keywords:
Bahan ajar powerpoint interaktif, pemahaman, PPKnAbstract
Riset ini bertujuanuntuk menghasilkan bahan ajar Powerpoint interaktif mata pelajaran PPKn, peneliti membuat PowerPoint interaktif dengan beberapa tahapan yaitu: analisis, menyusun materi, desain, mengumpulkan bahan, pembuatan bahan ajar dan pemantapan produk. Langkah penelitian dan pengembangan Borg & Gall diikuti dalam pengembangan produk bahan ajar yang dihasilkan. 42 siswa kelas V SDN 03 Rancapanggung yang menjadi populasi padariset ini. Metode pengumpulan dataaberupa tes dan non tes. Analisis kelayakan, analisis data awal, dan analisis data akhir.Hasil validasi materi memperoleh persentase 87%, validasi bahan ajar memperoleh persentase 91% dan hasil penilaian praktisi memperoleh persentase 94% masing-masing penilaian ahli memperoleh kategori “sangat layakâ€. Hasil observasi siswa dan guru rata-rata aspek yang diamati sudah nampak. Angket respon siswa uji terbatas memperoleh skor 194 dengan persentase 97% tercatum kategori “sangat baik†kemudian dalam uji coba lebih luas mendapat skor 217 dengan persentase 98,03% termasuk kategori “sangat baikâ€. Nilai hasil uji-t sig.(2-tailed) 0,000<0,05 alhasil Ho diterima berartinterdapat perbedaan signifikan antarasebelum dan sesudah memakai bahan ajar Powerpoint interaktif. Peningkatan rata-rata pemahaman siswa sebesar 0,721 termasuk kriteria tinggi. Dengan temuan penelitian ini, guru harus dapat menemukan cara baru untuk memotivasi siswanya untuk belajar.References
Aliyyah, R. R. (2020). MENJADI GURU PROFESIONAL Dengan menciptakan bahan ajar yang kreatif dan mengevaluasi pembelajaran.
Dewi, N. L. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76–83.
Hendrizal. (2019). Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sd Dan Solusinya. Jurnal PPKn & Hukum, 14(2), 54–62. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/download/7869/6755
Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.pp1-12
Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik, 5(2), 13–23. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/206
Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan:(PPKN) DI SD/MI: Peluang Dan Tantangan Di Era Industri 4.0. Prenada Media.
Martianingtiyas, E. D. (2019). Research and Development (R&D): Inovasi Produk dalam Pembelajaran. Researchgate, August, 1–8. https://www.researchgate.net/publication/335227473
Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). D’CARTESIAN, 7(1), 44. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113
Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip – prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Yuliyanto, A., Putri, H. E., & Rahayu, P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sd Melalui Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (Cpa). Metodik Didaktik, 14(2), 75–83. https://doi.org/10.17509/md.v14i2.13537
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.