Skip to main content
Skip to main navigation menu
Skip to site footer
Open Menu
Home
Current
Archives
Announcements
About
About the Journal
Submissions
Editorial Team
Privacy Statement
Contact
Search
Register
Login
Home
/
Archives
/
Vol. 7 No. 5 (2024)
Vol. 7 No. 5 (2024)
Published:
2024-10-01
Articles
Peningkatan pemahaman konsep materi perubahan energi melalui model project based learning pada kelas IV SD
Ramadhani Aristasari,
Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Jan Wantoro,
Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
805-810
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.22801
PDF
Downloaded: 223 times
Analisis terhadap lingkungan belajar yang diduga menjadi penyebab kebiasaan berbicara kasar peserta didik di kelas II sekolah
Alya Nabila,
PGSD UPI Kampus Purwakarta, Indonesia
Agus Muharam,
PGSD UPI Kampus Purwakarta, Indonesia
Wina Mustikaati,
PGSD UPI Kampus Purwakarta, Indonesia
811-820
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.19774
PDF
Downloaded: 249 times
Penggunaan media pembelajaran quizizz dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SD
Sinta Nurhasanah,
Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Indonesia
Fajar Nugraha,
Universitas Perjuangan, Indonesia
Febri Fajar Pratama,
Universitas Perjuangan, Indonesia
821-827
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.22640
PDF
Downloaded: 180 times
Pengembangan media laci pintar Operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah
Irma Pebianti,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Karlimah Karlimah,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Anggit Merliana,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
828-837
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.20043
PDF
Downloaded: 185 times
Pengembangan media pembelajaran bianglala matematika materi operasi hitung pecahan di sekolah dasar
Siti Salha Zakia,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Karlimah Karlimah,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Agnestasia Rahmadhani Putri,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
838-846
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.22036
PDF
Downloaded: 164 times
Penggunaan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V sekolah dasar
Fitria Ramadhan,
IKIP Siliwangi, Vanuatu
Muhammad Rizal Fauzi,
IKIP Siliwangi, Indonesia
Susilawati Susilawati,
IKIP Siliwangi, Indonesia
847-855
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.25220
PDF
Downloaded: 102 times
Pengembangan bahan ajar berbasis komik digital untuk menanamkan literasi ekonomi di sekolah dasar
Anisa Fitriani,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Srie Mulyani,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Jennyta Caturiasari,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
856-863
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.20085
PDF
Downloaded: 138 times
Penerapan media kartu kata bergambar untuk perbaikan keterampilan membaca permulaan siswa sekolah dasar
Anissa Sekar Rahmawati,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
D Wahyudin,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Acep Ruswan,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
864-869
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.20045
PDF
Downloaded: 104 times
Pengembangan bahan ajar powerpoint interaktif berbantuan model contextual teaching and learning untuk meningkatkan pemahaman pada mata pelajaran PPKn siswa kelas V
Putri Miswanti,
PGSD IKIP SILIWANGI, Indonesia
Deden Herdiana Altaftazani,
PGSD IKIP Siliwangi, Indonesia
Hana Sakura Putu Arga,
PGSD IKIP Siliwangi,
870-878
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.11275
PDF
Downloaded: 91 times
Pengembangan LKPD pada permainan congklak tentang materi operasi hitung perkalian dan pembagian di kelas II sekolah dasar
Nita Riani,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Karlimah Karlimah,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Rosarina Giyartini,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
879-886
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.20040
PDF
Downloaded: 201 times
Penggunaan model discovery learning berbantuan media cerita fiksi untuk meningkatkan membaca cerita siswa kelaS IV sekolah dasar
Sinta Rosita,
Indonesia
Agni Muftianti,
Indonesia
Ruli Setiyadi,
IKIP Siliwangi Bandung,
887-891
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.22922
PDF
Downloaded: 90 times
Analisis kebutuhan pengembangan instrumen penilaian pada materi gangguan sistem peredaran darah berbasis literasi sains di sekolah dasar dengan berbantu quizwhizzer
Nunik Siti Nuroniah,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
Akhmad Nugraha,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Erwin Rahayu Saputra,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
892-897
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.19777
PDF
Downloaded: 156 times
Penggunaan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V sekolah dasar
Astri Dewi,
IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia, Indonesia
Anugrah Ramadhan Firdaus,
IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia, Indonesia
Linda Hania Fasha,
IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia, Indonesia
898-905
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.24282
PDF
Downloaded: 98 times
Pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis deskripsi tema lingkungan pada kelas II sekolah dasar
Luthfiyya Nabilaputri,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Dian Indihadi,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Yusuf Suryana,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
906-915
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.19742
PDF
Downloaded: 93 times
Penggunaan model problem based learning berbasis socio scientific issue untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar
Rahmi Sintika,
IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jenderal Sudirman No. 3, Cimahi, Indonesia., Indonesia
Wahyu Hidayat,
IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jenderal Sudirman No. 3, Cimahi, Indonesia., Indonesia
Trisna Nugraha,
IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jenderal Sudirman No. 3, Cimahi, Indonesia, Indonesia
916-924
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.24396
PDF
Downloaded: 158 times
Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan model cooperative integreted reading and composition (CIRC) berbantuan media gambar berseri
Dhea Putri Priyandini,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Resa Respati,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Erwin Rahayu Saputra,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
925-930
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.19722
PDF
Downloaded: 157 times
Analisis kesulitan menulis permulaan pada peserta didik kelas I SDN 3 tugu kecamatan cihideung
Nurshinabani Suryana,
Universitas Perjuangan, Indonesia
Cece Rakhmat,
Universitas Perjuangan, Indonesia
Deni Chandra,
Universitas Perjuangan, Indonesia
931-940
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.22684
PDF
Downloaded: 224 times
Meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan pendekatan quantum learning berbantuan aplikasi Canva pada siswa kelas II
Popong Hoerun Nisa,
IKIP Siliwangi, Indonesia
Ryan Dwi Puspita,
1 auliazatunnisa.iman@gmail.com, 2 ryan.dwi@ikipsiliwangi.ac.id, 3 yeni_hadianti@ikipsiliwangi.ac.id , Indonesia
Yeni Hadianti,
1 auliazatunnisa.iman@gmail.com, 2 ryan.dwi@ikipsiliwangi.ac.id, 3 yeni_hadianti@ikipsiliwangi.ac.id , Indonesia
941-948
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.24731
PDF
Downloaded: 118 times
Analisis penerapan huruf kapital pada surat undangan resmi di kelas V sekolah dasar
Ayu Kusumah,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Erwin Rahayu Saputra,
Universitas Perjuangan, Indonesia
Dwi Alia,
Universitas Perjuangan, Indonesia
949-960
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.21887
PDF
Downloaded: 101 times
Penerapan pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SD pada pembelajaran IPA
Lala Amelia,
Purwakarta, Indonesia
Hafiziani Eka Putri,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Fitri Nuraeni,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
961-966
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.20034
PDF
Downloaded: 108 times
Analisis kesalahan penggunaan huruf kapital, tanda baca titik serta koma pada teks deskripsi peserta didik kelas V SDN sambong permai
Yunitasari nita,
Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Indonesia
Dedi Heryadi,
Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Indonesia
Riga Zahara Nurani,
Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Indonesia
967-974
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.20049
PDF
Downloaded: 185 times
Analisis nilai moral dalam buku cerita tiga sekawan dan possalia sebagai alternatif bahan ajar siswa kelas IV di sekolah dasar
Nova Indah Permatasari,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Erna Suwangsih,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Neneng Sri Wulan,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
975-981
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.20037
PDF
Downloaded: 101 times
Penggunaan pendekatan realistic mathematics education untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bangun datar di kelas IV sekolah dasar
Bela Nurul Fadila,
PGSD IKIP SILIWANGI, Indonesia
Sukma Murni,
PGSD IKIP SILWANGI, Indonesia
Febri Restu Widianto,
Universitas Bale Bandung, Indonesia
982-891
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.19307
PDF
Downloaded: 122 times
Upaya meningkatkan hasil belajar materi huruf kapital kelas II menggunakan metode problem based learning berbantuan media gambar dan cap rewards di sekolah dasar
Ardisa Pangestu Nur Waskito,
Universitas Sanata Dharma, Indonesia
Sebastianus Widanarto Prijowuntato,
Universitas Sanata Dharma, Indonesia
992-999
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.19845
PDF
Downloaded: 103 times
Pembelajaran daring materi bangun datar pada siswa sekolah dasar kelas II dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL)
Riska Andini,
PGSD IKIP SILIWANGI, Indonesia
Siti Ruqoyyah,
PGSD IKIP Siliwangi, Indonesia
Sylvia Rabbani,
PGSD IKIP Siliwangi, Indonesia
1000-1009
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.7816
PDF
Downloaded: 156 times
Acredition
Accreditation Decree
No. 10/C/C3/DT.05.00/2025
Article Template 2025
ARTICLE TEMPLATE 2025
DOWNLOAD!