Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter-Pada Film Animasi Riko The Series Seaseon 2 Epidsode 8-12

Authors

  • Siti Raudhatul Jannah Nasution UPI KAMPUS TASIKMALAYA

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i6.12307

Keywords:

Film animasi Riko The Series seaseon 2 episode 8-12, Nilai-nilai pendidikan karakter, Pendidikan karakter

Abstract

Di zaman modern saat ini, pendidikan karakter dapat diperoleh dimana saja. salah satunya adalah melalui film animasi. Hal tersebut, telah dibuktikan dari adanya  penelitian yang telah menganalisis ataupun meneliti pengaruh film animasi bagi penanaman nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik. Film-film tersebut, seperti adit sopo jarwo, dan upin ipin. Dari penelitian tersebut, peneliti merasa termotivasi untuk melakukan penelitian terkait khususnya dalam menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film. Film animasi Riko The Series, menjadi pilihan bagi peneliti dalam melakukan penelitian. Hal tersebut, didasarkan pada adanya pesan moral dan keteladanan yang diajarkan film tersebut. Selain itu, telah ada peneliti yang menganalisis film Riko The Series. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter pada film animasi Riko The Series seaseon 2 episode 8-12. Metode yang digunakan peneliti, dalam penelitian ini adalah analisis konten dengan pendekatan kualitatif. Dalam menganalisis film tersebut, peneliti berpedoman pada 18 nilai-nilai pendidikan karakter Kementrian Pendidikan Nasional. Berdasarkan hasil penelitian, telah ditemukan 7 nilai-nilai pendidikan karakter pada film animasi Riko The Series seaseon 2 episode 8-12. Nilai-nilai tersebut, yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, dan menghargai prestasi.

References

Ekasari, dkk. (2019). Analisis Konten Terhadap Pengungkapan Etika dan Integritas Pada Sustainbility Reporting. Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntasi dan Manajemen, 4(1), 95-105. doi.org/10.18382/jraam.v4il.008

Fatriyah, dkk. (2020). Daya Tangkap Siswa Terhadap Pesan Moral dan Nilai Karakter Pada Film Animasi Moana. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 303-310. http://dx.doi.org/10.238887/jippg.v3i2

Hamengkubuwono. (2016). Ilmu Pendidikan dan Teori-Teori Pendidikan. Curup:LP2 STAIN CURUP.

Indonesia, P. R. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rahmayanti, dkk. (2021). Pendidikan Karakter dalam Film Animasi Riko The Series Produksi Garis Sepuluh. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 157-172.

Ramayanti, T. (2020). Pengaruh Menonton Film Animasi Upin-Ipin Terhadap Karakter Siswa SDN 24 Seluma (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu)

Safitri, K. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 264-271.

Salim, dkk. (2017). Peran Tayangan Adit Sopo Jarwo (ASJ) Terhadap Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar di Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Pendas Mahakam, 2(1), 72-82.

Sitasari, N.W. (2022). Mengenal Analisa Konten dan Analisa Tematik dalam Penelitian Kualitatif. Forum Ilmiah, 19(1), 77-84.

Sukiyat, H. (2020). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Media Publishing.

Zhayoga, dkk. (2020). Analisis Pengaruh Film Upin dan Ipin Terhadap Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 1-7.

Downloads

Published

2022-11-29

Issue

Section

Articles