Rancang bangun media interaktif diagram batang dengan menggunakan model group investigation berbantuan powerpoint untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i2.12687Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, Model Group Investigation, Kemampuan Pemahaman Matematis.Abstract
Rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IV pada materi statistika adalah hal yang melatarbelakangi penelitian ini. Karena hal tersebut peneliti bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif diagram batang dengan menggunakan model Group Investigation berbantuan powerpoint. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D) tahapan Borg and Gall. Berdasarkan hasil dari validasi ahli materi, validasi ahli media dan validasi ahli praktisi terhadap media interaktif diagram batang ini mendapatkan skor diatas rata-rata degan kategori media valid dengan demikian media interaktif diagram batang layak digunakan. Pengembangan media interaktif diagram batang ini melalui dua tahap uji coba untuk mengetahui keefektifan media dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Pertama adalah uji coba terbatas kepada 10 siswa kelas IV dan yang kedua yaitu uji coba luas kepada 20 siswa kelas IV. Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah menggunakan desain penelitian one group design pretest-posttest pada uji terbatas dan uji luas terdapat perbedaan yang signifikan, dalam artian setelah menggunakan media interaktif diagram batang kemampuan pemahaman matematis siswa berkembang. Maka dari itu pengembangan media interaktif diagram batang dengan menggunakan model Group Investigation berbantuan powerpoint mampu meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IV SD khususnya pada materi statistika.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Model Group Investigation, Kemampuan Pemahaman Matematis.
References
Arhayu, A. F., Yurniwati, & Fahrurrozi. (2021). Pengembangan modul bagun datar berbasis paikem untuk meningkatan pemahaman matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, 5(84), 61–71.
Asela, S., Salsabila, U. H., Lestari, N. H. P., Sihati, A., & Pertiwi, R. A. (2020). PERAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN PAI BAGI GAYA BELAJAR SISWA VISUAL. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1297–1304.
Cahani, K., Effendi, K. N. S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Konsentrasi Belajar Pada Materi Statistika Dasar. Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 215–224. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.215-224
Fatmala, S., Bintoro, H. S., & Ardianti, S. D. (2021). Analisis Perhatian Orang Tua Selama Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(1), 01–10. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i1.1365
Hakim, A. R., Saputro, R. I. H., Jamaludin, & Mulyana. (2020). Pengembangan Media Informasi Statistika ( MISTIK ) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 58, 419–430.
Intan, F. M., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2020). Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.1666
Isnaini, F., Hijriyah, U., & Putra, Y. W. R. (2021). PENERAPAN MODEL GI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN BAHAN AJAR DESAIN DIDAKTIS: PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Jurnal Pendidikan Matematika, 5, 29–38.
Kalifah, D. R. N., & Prastowo, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Sub Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV/SD. Jurnal Program Studi PGMI, 8, 75–87.
Muna, D. N., & Afriansyah, E. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerencing dan Number Head Together. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 169–176. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.272
Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80
Rabbani, S., Muftianti, A., Solihat, G. A., Nurhayani, N., Ardrya Garini, F. V., & Ruswina, R. R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar Kabupaten Bandung Barat. P2M STKIP Siliwangi, 5(1), 1. https://doi.org/10.22460/p2m.v5i1p1-10.784
Rizal, K. S., & Jana, P. (2020). Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis. Konferensi Ilmiah Pendidikan 2020, 90–93. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/475
Ruqoyyah, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Ma Melalui Contextual Teaching and Learning. P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 85. https://doi.org/10.22460/p2m.v5i2p85-99.1052
Sholikhah, O. H. (2020). Powerpoint Interaktif Terintegrasi Problem Based Learning Sebagai Upaya Efektif Dalam. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2, 529–536.
Tri, D., & Yanto, P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19vi1.409
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.