Pengembangan augmented reality berbasis android materi pembelajaran organ pencernaan pada manusia dan fungsinya Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Hapizd PGSD Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Camelia Safitri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.13857

Keywords:

Penelitian pengembangan, media pembelajaran, (R&D), model 4D

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran augmented reality berbasis android implikasinya terhadap pembelajaran IPA materi organ pencernaan pada manusia dan fungsinya pada kelas V. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan menerapkan model 4D, terdapat 4 (empat) proses tahapan yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate. Instrumen penelitian untuk mendapatkan data berupa angket penilaian ahli materi dan ahli media dan angket respon siswa terhadap aplikasi Human Digestive. Berdasarkan hasil penilaian ahli dinyatakan sangat layak. Hasil penelitian ini menujukan bahwa media Human Digestive mendapatkan hasil rata-rata dari data secara keseluruhan tim ahli materi yaitu 82% mendapat kategori "sangat layak", tim ahli media yaitu 93% mendapat kategori "sangat layak" dan berdasarkan respon siswa mendapatkan hasil sebesar 89% mendapat kategori “sangat layakâ€. Berdasarkan hasil dari penelitian membuat aplikasi Human Digestive, sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran materi IPA organ pencernaan pada manusia dan fungsinya dimana saja dan kapan saja, membuka wawasan guru sebagai inovasi dalam menghadirkan sebuah pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.

References

Hady, Rico Fiyan. 2020. “Pengaruh Penggunaan Augmented Reality Pada Pembelajaran Sistem Saluran Pernapasan Dan Saluran Pencernaan Di Sd Negeri Sebaung Ii Probolinggo.†Magister Teknologi Informasi Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya 53(9): 1689–99.

Anugrahini, Meinita Yesi. 2018. “Pengembangan game bubble match sebagai media pembelajaran pembagian dalam bentuk pengurangan berulang untuk siswa kelas 2 sd.†Profesi Pendidikan Dasar 1(1): 70.

Lesmana, H H, and A Anas. 2021. “Rancang Bangun Media Edukasi Pengenalan Hewan Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android.†: 113–17.

Downloads

Published

2023-01-28

Issue

Section

Articles