Penggunaan model guided writing untuk meningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung pada siswa kelas 2 SD Al Basyariyah

Authors

  • Lika Agustin Suwijaya IKIP SILIWANGI
  • Asep Samsudin PGSD IKIP SILIWANGI
  • Ruli setiyadi PGSD IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.18262

Keywords:

Menulis Tegak Bersambung, Model Guided Writing

Abstract

              Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran menulis tegak bersambung pada siswa kelas 2 SD Al Basyariyah dengan menggunakan model guided writing. Metode penelitian yang digunakan yaitu mix method. Subjek pada penelitian ini yaitu 25 orang siswa pada kelas 2 SD Al Basyariyah yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Instrumen penelitian berdasarkan hasil observasi dan angket siswa mengenai proses pembelajaran yang berlangsung selama masa penelitian dengan menggunakan model guided writing. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dan berdasarkan pembahasan yang mendeskripsikan seluruh proses pembelajaran yang dilakukan selama penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa baik itu selama proses pembelajaran, hal ini dapat diketahui dari hasil posr test dan pretwst serta observasi yang dilakukan. Berdasarkan skenario dan implementasi keterampilan siswa terdapat peningkatan kemampuan yang signifikan. Respon siswa sangat baik dalam proses penelitian yang berlangsung. Kendala maupun kesulitian yang dihadapi siswa selama masa penelitian adalah sulit berkonsentrasi dan mengganggu teman

References

Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Disekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional Dierktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Abidin, and Said Zainal. 2012. Kebijakan Publik. Penerbit Salemba Humanika.

Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi. (1999). Pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif di Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional.

Allen, & Michael. (2013). Michael Allen’s Guide to E-learning. John Wiley & Sons.

Arends. R.I. (2008). Learning to teach. Pustaka Pelajar.

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Daryanto. 2017. Pembelajaran Abad 21. Penerbit Gava Media.

Depdiknas. 2009. Panduan Untuk Guru; Membaca Dan Menulis Permulaan Untuk Sekolah Dasar Kelas 1, 2, 3. Depdiknas.

Eggen, and Paul Don Kouchak. 2009. Strategi Dan Model Pembelajaran. PT Indeks.

Gibson, and S.A. 2008. An Effective Framework for Primary Grade Guided Writing Instruction. The Reading Teacher.

I.M.J, Astuti, and Susilawati. 2017. Merawat Hewan Dan Tumbuhan; Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

I, Cahyani, and dkk. n.d. Menulis Proposal Penelitian Edisi V. Bintang Warli Artika.

Komara, and E. 2018. Belajar Dan Pembelajaran Interaktif. PT. Refika Aditama.

Mulyana, and Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.

Nurjamal, Daeng. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Poerwadarminta. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Purwantro. 2018. Teknik Penyususnan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas. Magelang: Stala Press.

R.I, Arends. 2008. Learning to Teach. Pustaka Pelajar.

Roffi’uddin, Ahmad, and Darmiyanti Zuhdi. 1999. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Di Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional.

Sabani, Fatmaridha. 2019. “Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun).†Didakta: Jurnal Kependidikan 8(2):89–100.

Sadiku, and L. M. n.d. “The Importance of Four Skills Reading, Speaking, Writing, Listening in a Lesson Hour.†European Journal of Language and Literature.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pedekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syarif, and dkk. n.d. Pembelajaran Menulis. Depdiknas.

(Tashakkori & Creswell,2007b,hlm.4).

Taringan, and H. Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles