Skip to main content
Skip to main navigation menu
Skip to site footer
Open Menu
Home
Current
Archives
Announcements
About
About the Journal
Submissions
Editorial Team
Privacy Statement
Contact
Search
Search
Register
Login
Search
Search
Home
/
Archives
/
Vol. 7 No. 3 (2024)
Vol. 7 No. 3 (2024)
Published:
2024-05-27
Articles
Keefektifan media tutup botol terhadap kemampuan berhitung penjumlahan pada siswa kelas II
Iis Wahyuningsih,
UPGRIS Semarang, Indonesia
Arfilia Wijayanti,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Paryati,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
397-403
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22573
PDF
Downloaded: 240 times
Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi peserta didik di sekolah dasar
Gina Oktaviani,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Dian Indihadi,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Yusuf Suryana,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
404-413
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.19242
PDF
Downloaded: 267 times
Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbantuan model inkuiri terbimbing pada materi gaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV SD
Rizal Abdul Latip,
IKIP Siliwangi, Indonesia
Ronny Mugara,
IKIP Siliwangi, Indonesia
Anugrah Ramadhan Firdaus,
IKIP Siliwangi, Indonesia
414-421
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.21343
PDF
Downloaded: 178 times
Pengaruh metode talking stick berbantuan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar siswa SD
Mira Amalia Setyani,
UPGRIS Semarang, Indonesia
Mira Azizah,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Paryuni,
SD Negeri Gajahmungkur Semarang, Indonesia
422-428
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22572
PDF
Downloaded: 127 times
Penggunaan model picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas 2 sekolah dasar
Dian Gustini,
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Cimahi - Bandung, Indonesia
Muhammad Rizal Fauzi,
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Cimahi - Bandung, Indonesia
Agni Muftianti,
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Cimahi - Bandung, Indonesia
429-437
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.18292
PDF
Downloaded: 185 times
Analisis kebutuhan media pada pembelajaran teks eksplanasi di SD
Restu Nana Irawan,
Indonesia
Seni Apriliya,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Agnestasia Ramadhani Putri,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
438-446
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.19413
PDF
Downloaded: 183 times
Penggunaan model project based learning untuk meningkatkan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif kolase untuk siswa kelas II sekolah dasar
Cucu Mulyati,
Siti Ruqoyyah,
IKIP Siliwangi, Indonesia
Medita Ayu Wulandari,
IKIP Siliwangi, Indonesia
447-456
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.21253
PDF
Downloaded: 164 times
Keterampilan menulis teks narasi melalui metode brainwriting di kelas tinggi sekolah dasar
Widia Febrianti Sazida,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
Dian Indihadi,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Yusuf Suryana,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
457-463
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.19403
PDF
Downloaded: 178 times
Peningkatan hasil belajar kognitif IPAS siswa kelas IV dengan model PBL berbantuan canva
Anis Widyastuti,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Agnita Siska Pramasdyahsari,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Ervina Eka Subekti,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Donis Sanjaya,
SD Negeri Sawah Besar Semarang, Indonesia
464-472
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22857
PDF
Downloaded: 173 times
Pengembangan media pembelajaran berbasis canva pada materi operasi hitung bilangan pecahan di kelas V
Rina Lestari,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
Yusuf Suryana,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya,
Ika Fitri Apriani,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya,
473-487
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.19358
PDF
Downloaded: 179 times
Media kartu kata dalam melatih keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SDN Sendangmulyo 02 Kota Semarang
Aprilia Pangestuti,
UPGRIS Semarang, Indonesia
Qoriati Mushafanah,
Indonesia
Rafika Nuriafuri,
Indonesia
488-494
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22806
PDF
Downloaded: 117 times
Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe times games tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Sendangmulyo 02 Semarang
Aan Zuliana,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Mudzanatun,
Indonesia
Sri Wahyuningsih,
Indonesia
495-502
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22737
PDF
Downloaded: 99 times
Analisis motivasi belajar siswa mata pelajaran matematika melalui media papan bangun datar siswa kelas I SD Supriyadi Semarang
Ianatut Toyibah,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Widya Kusumaningsih,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Sapto Armin Wibowo,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
503-510
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22607
PDF
Downloaded: 97 times
Pengembangan buku interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar terhadap materi pola hidup gotong – royong pada kelas III
Feri Tirtoni,
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
511-519
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22622
PDF
Downloaded: 146 times
Identifikasi kesulitan belajar siswa sekolah dasar dalam memahami konsep hukum newton 3 pada mata pelajaran IPA
Hesti Iswandayani,
Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
Ahmad Arum Jalaludin,
Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
Gita Apriliana,
Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
Wahyu Kurniawati,
Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
520-526
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.21852
PDF
Downloaded: 165 times
Penggunaan model guided writing untuk meningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung pada siswa kelas 2 SD Al Basyariyah
Lika Agustin Suwijaya,
IKIP SILIWANGI, Indonesia
Asep Samsudin,
PGSD IKIP SILIWANGI, Indonesia
Ruli setiyadi,
PGSD IKIP SILIWANGI, Indonesia
527-533
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.18262
PDF
Downloaded: 120 times
Upaya pembentukan karakter disiplin siswa melalui pembiasaan dan keteladanan guru kelas V SDN 2 Bangbayang
Aulia Fitri,
Nana Ganda,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Elan,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
534-539
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.19630
PDF
Downloaded: 101 times
Penggunaan model picture and picture kelas IV SD untuk meningkatkan kemampuan membaca cerita fiksi
Nur Khadijah,
IKIP SILIWANGI, Indonesia
Ryan Dwi Puspita,
PGSD IKIP Siliwangi, Indonesia
Evi Susanti,
PGSD IKIP Siliwangi, Indonesia
540-544
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.19759
PDF
Downloaded: 140 times
Model pengembangan karakter religius melalui program pembudayaan sekolah di SDIT At Taufiq Al Islamy
Silvia Putri Yandra,
Syarip Hidayat,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Anggit Merliana,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
545-553
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.19407
PDF
Downloaded: 82 times
Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa kelas V sekolah dasar
Alya Syifani,
universitas pendidikan indonesia, Indonesia
Atep Sujana,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Enjang Yusup Ali,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
554-560
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22894
PDF
Downloaded: 324 times
Efektivitas model kooperatif tipe TGT (team game tournament) berbantuan kartu soal terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Gribig
Nidaul Afidah,
Universitas Muhammadiyah Kudus, Indonesia
Amalia Rahmawati,
Universitas Muhammadiyah Kudus, Indonesia
Septina Rahmawati,
Universitas Muhammadiyah Kudus, Indonesia
Yoga Awalludin Nugraha,
Universitas Muhammadiyah Kudus, Indonesia
Dhina Cahya Rohim,
Universitas Muhammadiyah Kudus, Indonesia
561-567
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22938
PDF
Downloaded: 185 times
Deskripsi profil kemampuan metakognisi ditinjau dari level kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika
Yuni Wahyuningsih Baiq,
Universitas Mataram, Indonesia
Vivi Rachmatul Hidayati,
Universitas Mataram, Indonesia
568-578
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22812
PDF
Downloaded: 129 times
Analisis kebutuhan flashcard sebagai media pelatihan literasi emosi pada anak usia sekolah dasar
Ana Anggi Anggraini,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
http://orcid.org/0000-0002-1127-0511
Seni Apriliya Apriliya,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
http://orcid.org/0000-0003-4229-9306
Erwin Rahayu Saputra,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
http://orcid.org/0000-0002-6952-2515
579-588
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.19298
PDF
Downloaded: 164 times
Efektivitas model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa
Widya Ayu,
UPGRIS Semarang, Indonesia
Noviana Dini Rahmawati ,
Indonesia
Bernardus Irianto,
Indonesia
589-596
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22800
PDF
Downloaded: 165 times
Efektivitas penerapan model pembelajaran teams games tournament terhadap minat belajar peserta didik kelas V-A SDN Sendangmulyo 02
Angilia Herli Lutfiyani,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Mudzanatun,
Indonesia
Suprapto,
Indonesia
597-602
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22736
PDF
Downloaded: 99 times
Article Template
New Template 2024
---- Main Menu ----
Editor Team
Peer-Reviewers
Peer Review Process
Focus and Scope
Publication Ethics
User Rights
Publishing System
Author Guidelines
Author Fees
Indexing Site
Recomended Tools
Supervised By