Penggunaan model picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas 2 sekolah dasar

Authors

  • Dian Gustini Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Cimahi - Bandung
  • Muhammad Rizal Fauzi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Cimahi - Bandung
  • Agni Muftianti Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Cimahi - Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.18292

Keywords:

Keterampilan Menulis Cerita, Model Picture and Picture

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan pada penggunaan model Picture and Picture dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa kelas 2 SD serta kesulitan siswa dan guru dalam penggunaan model Picture and Picture untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methode dengan desain sequential explanatory. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas 2 Al-Hidayah yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes (pretest dan posttest), angket, observasi aktivitas siswa dan guru, dan wawancara. Hasil dari data kuantitatif yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis cerita pada siswa dengan nilai rata-rata awal 49,25 menjadi 78,25. Adapun hasil dari data kualitatif diperoleh berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan terdapat beberapa kegiatan yang mengikuti hanya 51%-75% siswa dan berdasarkan hasil wawancara terdapat kesulitan guru yaitu memusatkan perhatian siswa ketika kondisi kelas kurang kondusif, namun kesulitan siswa dan guru tersebut dapat teratasi dengan baik. Maka berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas 2 SD dan tidak terdapat kesulitan siswa dan guru yang signifikan karena dapat teratasi dengan baik.

References

Baransano, A. Y., & Yohanita, A. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA YABT Manokwari. Seminar Nasional MIPA II …, July, 2.

Creswell, J. W. (2019). Research Design: Pendekatan, Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pusataka Pelajar.

Dewi, R. P., & Setyaningrum, R. A. (2022). Menulis Kreatif Konteks Bahasa Indonesia (W. B (ed.)). Sanata Dharma Univeristy Press.

Handayani, S. (2014). Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Dalam Menulis Narasi Melalui Penggunaan Media Gamba Sri. 9(3), 139.

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1436.

Krismasari Dewi, N. N., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278.

Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika Dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonsia Di Kleas Rendah Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 65–73.

Lestari, A. P. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Dengan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Siswa Kelas II SD Negeri 01 Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Universitas Sebelas Maret.

Praheto, B. E., Andayani, Rohmadi, M., & Wardani, N. E. (2017). Peran Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Di PGSD. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula (ELIC 2017), 173–177.

Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2019). Kemampuan Teks Eksplanasi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasae Melalui Model Read, Answer, Disscuss, Explain, and Create. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 12–14.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013 (R. KR (ed.)). AR-RUZZ MEDIA.

Sholeh, A., Veriliana, & Darsimah. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Model Picture and Picture. Jurnal Paedagogy, 8(3), 454–459.

Wahyudi, G., Ramadhan, S., & Arief, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model Picture and Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 966–973.

Widyawati, wiwik yully. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Keterampilan Menulis Untuk Tingkat Universitas. Jurnal Kredo, 2(2), 226–240.

Zulela, M., Siregar, Y., & Rachmatullah, R. (2017). Keterampilan Menulis Narasi Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 112–123.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles