Pengembangan media ludo berbantuan canva pada pembelajaran IPS SD kelas IV

Authors

  • Hilma Nuraliah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i4.18322

Keywords:

ludo, media pembelajaran, IPS.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran IPS di sekolah dasar sehingga tidak adanya variasi dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti bermaksud untuk  mengembangkan media pembelajaran Ludo pada pembelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar sebagai sarana atau alat yang dapat membantu guru menyampaikan materi pelajaran dengan mudah. Metode penelitian  yang digunakan dalam penelitian ini yaitu DBR (Design Based Research)  adaptasi dari model Reeves dengan 4 tahapan yaitu : 1) identifikasi dan analisis masalah 2) perancangan pengembangan prototype 3) proses uji coba 4) refleksi produk. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 2 orang validator ahli dan 1 orang ahli pedagogi (guru). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan angket.. Berdasarkan penelitian, media ludo mendapatkan  persentase 100%  dari ahli materi dengan kategori “sangat layakâ€,  dari ahli materi, 78,5%  dengan kategori “layakâ€, dan 100% dari ahli pedagogi dengan kategori “sangat layakâ€. Berdasaran hasil tersebut maka pengembangan media pembelajaran ludo berbantuan Canva termasuk pada kategori sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPS di kelas IV SD.

Author Biography

Hilma Nuraliah, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Akbar, F. I., & Hartono, R. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan Model Pengembangan 4-D pada Materi Mitigasi Bencana dan Adaptasi Bencana Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 22(2), 135–147. https://doi.org/10.17977/um017v22i22017p135

Andriana Encep, Hendracipta, N., VY, I. A., & Nurlela. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA. 1(2), 92–98.

Indah Mafazatin Nailiah, & Erwin Rahayu Saputra. (2022). Pengembangan Media Ict Berbasis Video Animasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 6(1), 8–15. https://doi.org/10.36928/jipd.v6i1.976

Marcela, R., Idris, M., & ... (2022). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Journal on …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5680

Ningsih, S. A., & Pritandhari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Sma Purnama Trimurjo. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(1), 50–59.

Nissa, S. A., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan Game Ludo untuk Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1259

Nugraha, R. S., Sumardi, S., & Hamdu, G. (2017). Desain Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning Di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 34. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7495

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika (Imas Komariah (ed.)). ALFABETA, cv.

Downloads

Published

2023-07-30

Issue

Section

Articles