Penggunaan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis IPS pada siswa kelas V sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.18373Keywords:
Think Pair Share, Berpikir Kritis, IPSAbstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian mix method yang dilakukan di SDN Pasiripis Lembang. Penelitian ini dilakukan pada siswa dari dua kelas yang memiliki kemampuan setara dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang berbeda. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair share. Sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam berpikir kritis dengan pembelajaran kooperatif think pair share dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan design pretest-posttest control group. Partisipasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD dengan jumlah siswa kelas eksperimen 14 orang dan kelas kontrol 15 orang. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian sebanyak 5 soal, untuk mendapatkan data kemampuan berpikir kritis IPS. Hasil analisis data diperoleh: (1) rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dikelas eksperimen sebesar 88,04. Sedangkan rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas kontrol sebesar 23,93 (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggukan model pembelajaran think pair share dan pembelajaran konvensional.References
Agustin, M., & Pratama, Y. A. (2021). Keterampilan Berpikir Dalam Konteks Pembelajaran Abad Ke-21 (I). Refika Aditama.
Azizani, S. Al. (2021). Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran IPS Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VIII SMP IC Nurul Hidayah di Kabupaten Pasuruan. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 49–64. https://doi.org/10.19105/ejpis.v3i1.4625
Hidayah, R. N., Sulasmono, B. S., & Widyanti, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas IV SD. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 34–39. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.759
Levina, J., Yarmi, G., & Soekisno, R. B. A. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR- SHARE DITINJAU DARI GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS II SD ABC. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 18(1), 97–113. https://doi.org/10.19166/pji.v18i1.4406
Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berfikir Kritis-Kreatif (R. Irawati (ed.); 2017th ed.). UPI Sumedang Press. https://books.google.co.id/books?id=MBhKDwAAQBAJ&pg=PA5&dq=kemampuan+berfikir+kritis&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwjnmI732c38AhW9CbcAHRKLAbEQ6AF6BAgGEAI#v=onepage&q&f=false
Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, & Aji, G. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218–226. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.644
Nurwidiyati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep, Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(2), 220–232. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/pkwu.v8i2.150
Priadi, M. A., Riyanda, A. R., & Purwanti, D. (2021). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbasis E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(2), 1–13. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/959
Rahayu, I., Nuryani, P., & Hermawan, R. (2019). Penerapan Model Pbl Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pelajaran Ips Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 93–101. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20488
Rahmadina, P. (2021). kajian Literatur tentang Kemampuan Berfikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 760–765. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1021
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (I). Ar-Ruzz Media.
Ulfa, M., Irawati, E., & W, I. F. (2021). Analisis Kualitatif Kemampuan Pemahaman Konsep Ekonomi SMA. Prosiding Pekan Ilmiah Mahasiswa UNIS, 1(1). http://www.ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1934%0Ahttp://www.ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/download/1934/1274
Yulianti, D. L. (2022). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Selfregulated Learning Siswa SMP Melalui Pembelajaran Missouri Mathhematics Project Berbantuan Media Geoboard [Universitas Pasundan]. In Universitas Pasundan: Institutional Reposotories & Scientific Journals. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58910
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.