Analisis kebutuhan media untuk memfasilitasi literasi baca tulis peserta didik kelas IV SD

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18471

Keywords:

Literasi, Baca Tulis, Media Literasi

Abstract

Literasi baca tulis menjadi pondasi utama dalam melaksanakan pendidikan dan kehidupan di era abad 21. Literasi baca tulis perlu diajarkan dan dibudayakan sejak dini baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Pembudayaan literasi baca tulis dapat berjalan apabila didukung oleh fasilitas yang memadai, diantaranya tersedia media untuk kegiatan literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kebutuhan media dalam memfasilitasi literasi baca tulis peserta didik kelas IV SD. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi langsung di salah satu SD di Kabupaten Tasikmalaya. Adapun hasil penelitian ini ialah belum optimalnya kegiatan literasi baca tulis di sekolah, terbatasnya media yang memfasilitasi literasi baca tulis peserta didik, serta perlunya pengembangan media permainan yang bermuatan literasi baca tulis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterbatasan media untuk literasi baca tulis berdampak pada kemampuan literasi baca yang kurang optimal. Implikasinya, perlu dilakukan pengembangan media yang memuat kegiatan literasi baca tulis sehingga mampu mengoptimalkan kemampuan literasi baca tulis peserta didik kelas IV SD.

References

Alia, D. (2022). Construction of Elementary School Students in Responding to Pros and Cons Issues (Qualitative Descriptive Study of the Functions of Discussion Texts). Indonesian Journal of Primary Education, 6(2), 183-188. doi: https://doi.org/10.17509/ijpe.v6i2.55301.

Anastasya, V. E., Ristiyani, R., & Fajrie, N. (2021). Permainan Ludo sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Wasis: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 9-14. doi: https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5018.

Apriliya, S., & Cyntia, C. (2023). The Urgency of Emotional Literacy Education for Elementary School Students. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 321-328.

E., D.W., P.U, I. W., & K., D.I. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 17-25. doi: https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4906.

Gusman, F., Apriliya, S., & Mulyadiprana, A. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Digital Menulis Puisi di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 495-507. doi: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.36309.

Hidayatullah, S., Syihabuddin, S., & Damayanti, V. (2021). Analisis Kebutuhan Media Literasi Berbasis Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1190-1196. doi: : https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1183.

Ibrahim, G. A., Ismaidi, H. D., Zabadi, F., Ali, N. B. V., Alipi, M., Antoro, B., ... & Aziz, M. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 91-96. doi: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778.

Kurniawan, A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). Problematika Guru dalam Melaksanakan Program Literasi di Kelas IV Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 31-37. doi: https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p31-37.

Maharani, B., & Wahidin, W. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Basicedu, 6(4), 5656-5663. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3097.

Nurjannah, A., Apriliya, S., & Mustajin, A. (2020). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional sebagai Afirmasi Literasi Budaya di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 47-55.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19–35. doi: https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15. doi: http://dx.doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385.

Roslina, D., Widyaningsih, O., & Ayuningrum, S. (2020). Pengembangan Media Permainan Monopoli dalam Pembelajaran IPS Indahnya Keragaman di Negeriku. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 345-352.

Safitri, I., Nurhasanah, N., & Setiawan, H. (2022). Profil Kemampuan Literasi Dasar Peserta Didik Kelas IV di SDN Mentokan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 574-578. doi: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.5568.

Saryono, D., Ibrahim, G. A., Muliastuti, L., Akbari, Q. S., Hanifah, N., … & Efgeni. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ulfa, M., Tembang, Y., & Palittin, I. D. (2022). Layakkah Media Papan Ludo Digunakan pada Muatan IPA untuk Siswa Sekolah Dasar?. Mimbar Ilmu, 27(3), 383-390. doi: https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.51275.

Voliani, N. P. (2021). Pengembangan Media DOTAYA (Ludo Tata Surya) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya pada Siswa Kelas VI di Kabupaten Gunungkidul. Basic Education, 10(3), 277-288.

Downloads

Published

2024-01-30

Issue

Section

Articles