Peningkatan hasil belajar luas bangun datar siswa kelas IV SDN Babarsari menggunakan problem based learning

Authors

  • Fauziah Surya Inayatun Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18494

Keywords:

hasil belajar, matematika, problem based learning

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Babarsari materi luas bangun datar menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Babarsari menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) materi luas bangun datar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Babarsari dengan jumlah 28 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain PTK yang digunakan terdiri dari dua siklus dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah melakukan tindakan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hasil tersebut diperkuat dengan meningkatkan persentase siswa yang mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan KKM yaitu 75. Pada pra siklus, presentase siswa yang tuntas sebesar 20% dan setelah diberikan tindakan persentase siswa yang tuntas meningkat menjadi 50% pada siklus I dan 85,71% pada siklus II. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi luas bangun datar siswa kelas IV SD Negeri Babarsari.

References

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Muslich, Masnur. (2009). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Putri, P. R., & Astimar, N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(3), 101-109.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

SAN DIANA, A. E., DEWI, R. P., & PRAKOSO, J. (2022). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN BABARSARI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 2(3), 332-340.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Suwangsih E & Tiurlina. (2018). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.

Uno, Hamzah B, dkk. (2011). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Warsono., & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-01-30

Issue

Section

Articles