Keterampilan menulis teks prosedur melalui pemanfaatan media lingkungan sekolah pada peserta didik kelas IV

Authors

  • Wida Agustina Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18497

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan perihal isi, struktur, dan kebahasaan teks dalam keterampilan menulis teks prosedur melalui pemanfaatan media lingkungan sekolah. Metode yang diaplikasikan pada penelitian ini yakni deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bertempat di SDN 2 Manonjaya kelas IV Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas IV di SDN 2 Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data dengan mengaplikasikan metode penugasan dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis mencakup tahap verifikasi, penyekoran, tabulasi, dan penilaian. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa skor yang diperoleh oleh peserta didik pada aspek isi tergolong pada kategori sangat baik dengan rata-rata 9,8 sedangkan pada aspek struktur tergolong kategori baik dengan rata-rata 8,2, dan untuk aspek kebahasaan tergolong pada kategori cukup baik dengan rata-rata 6,2.

References

Agustin, P. H., & Indihadi, D. (2020). Analisis Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas IV. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 83–92.

Aulia, A. (2020). Teks Prosedur dan Teks Eksposisi. Bogor: Guepedia.

Cahyaningrum, N., Priyanto, W., & Rofian. (2020). Analisis Materi Pembelajaran IPS Pada Buku Ajar Tematik Terbitan Kemendikbud Kelas V SD Semester I. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 440–447. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/29769

Hendrawan, D. N., & Indihadi, D. (2019). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Implementasi Proses Menulis pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Tokoh Cerita Fiksi. All Rights Reserved, 6(1), 47–57. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Husna, M., Uswah, F., & Siregar, L. (2022). Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter Character-Based Writing Learning. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 385–386.

Muhammad Amin, Rahim, A. R., & Akhir, M. (2021). Keefektifan Media Video Tutorial Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Vi Sdn 143 Inpres Leko. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 71–81. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.31

Nurfirdaus, N., & Hodijah, N. (2018). Pembentukan Perilaku Sosial Siswa. Ilmiah Educater, 4(2), 113–129.

Nurlaela, A. (2019). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 14(1), 40–48. https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3361

Priyono, R. E., & Yudi, A. A. (2018). Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Jauhnya Tendangan Long Pass. Jurnal Patriot, 554–564.

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & ... (2020). Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Education Journal …. http://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/343

Saputri, M. A., & Indihadi, D. (2021). Hasil Tulisan Teks Prosedur Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. … Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 742–751. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/39244

Sari, A. N., & Nuraidah. (2020). Cara Mudah Memahami Teks Prosedur. Bogor: Guepedia.

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42

Supriadi, Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. Yume: Journal of Management, 3(3), 84–93. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.778

Ulfa, W., & Rasyid, Y. (2020). Struktur, Diksi, Dan Konjungsi Teks Prosedur Karya Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Kota Solok. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 469. https://doi.org/10.24036/108236-019883

Wahid, F. S., Purnomo, M. A., & Ulya, S. M. (2020). Analisis Peran Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 38–42. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.247

Wijaya, I. K. W. B., Darmayanti, N. W. S., & Jayadiningrat, M. G. (2021). Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Dengan Konsep Empat Pilar Pendidikan. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 59. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.2085

Downloads

Published

2024-01-30

Issue

Section

Articles