Keterampilan menulis teks prosedur melalui pemanfaatan media lingkungan sekolah pada peserta didik kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18497Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan perihal isi, struktur, dan kebahasaan teks dalam keterampilan menulis teks prosedur melalui pemanfaatan media lingkungan sekolah. Metode yang diaplikasikan pada penelitian ini yakni deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bertempat di SDN 2 Manonjaya kelas IV Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas IV di SDN 2 Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data dengan mengaplikasikan metode penugasan dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis mencakup tahap verifikasi, penyekoran, tabulasi, dan penilaian. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa skor yang diperoleh oleh peserta didik pada aspek isi tergolong pada kategori sangat baik dengan rata-rata 9,8 sedangkan pada aspek struktur tergolong kategori baik dengan rata-rata 8,2, dan untuk aspek kebahasaan tergolong pada kategori cukup baik dengan rata-rata 6,2.
References
Agustin, P. H., & Indihadi, D. (2020). Analisis Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas IV. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 83–92.
Aulia, A. (2020). Teks Prosedur dan Teks Eksposisi. Bogor: Guepedia.
Cahyaningrum, N., Priyanto, W., & Rofian. (2020). Analisis Materi Pembelajaran IPS Pada Buku Ajar Tematik Terbitan Kemendikbud Kelas V SD Semester I. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 440–447. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/29769
Hendrawan, D. N., & Indihadi, D. (2019). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Implementasi Proses Menulis pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Tokoh Cerita Fiksi. All Rights Reserved, 6(1), 47–57. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Husna, M., Uswah, F., & Siregar, L. (2022). Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter Character-Based Writing Learning. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 385–386.
Muhammad Amin, Rahim, A. R., & Akhir, M. (2021). Keefektifan Media Video Tutorial Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Vi Sdn 143 Inpres Leko. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 71–81. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.31
Nurfirdaus, N., & Hodijah, N. (2018). Pembentukan Perilaku Sosial Siswa. Ilmiah Educater, 4(2), 113–129.
Nurlaela, A. (2019). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 14(1), 40–48. https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3361
Priyono, R. E., & Yudi, A. A. (2018). Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Jauhnya Tendangan Long Pass. Jurnal Patriot, 554–564.
Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & ... (2020). Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Education Journal …. http://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/343
Saputri, M. A., & Indihadi, D. (2021). Hasil Tulisan Teks Prosedur Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. … Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 742–751. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/39244
Sari, A. N., & Nuraidah. (2020). Cara Mudah Memahami Teks Prosedur. Bogor: Guepedia.
Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42
Supriadi, Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. Yume: Journal of Management, 3(3), 84–93. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.778
Ulfa, W., & Rasyid, Y. (2020). Struktur, Diksi, Dan Konjungsi Teks Prosedur Karya Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Kota Solok. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 469. https://doi.org/10.24036/108236-019883
Wahid, F. S., Purnomo, M. A., & Ulya, S. M. (2020). Analisis Peran Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 38–42. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.247
Wijaya, I. K. W. B., Darmayanti, N. W. S., & Jayadiningrat, M. G. (2021). Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Dengan Konsep Empat Pilar Pendidikan. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 59. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.2085
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.