Peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN Kentungan dengan model PBL

Authors

  • Achmad Fauzi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18538

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Lerarning/PBL) dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN Kentungan. Penelitian ini dilakukan karena kekatifan dan hasil belajar matematika materi keliling bangun datar siswa kelas III SDN Kentungan yang masih rendah sehingga perlu dilakukan perbaikan agar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika materi keliling bangun datar siswa kelas III SDN Kentungan. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IIIA SDN Kentungan Sleman Yogyakarta dengan jumlah 26 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Targgart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdapat dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan presentase keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari presentase hasil observasi siswa pada siklus I yaitu sebesar 65,21% sedangkan siklus ke II sebesar 78,36%. Hal ini diiringi dengan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus sebesar 15,4% meningkat pada siklus I menjadi 61,53%% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,9%. Berdasarkan dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas IIIA SDN Kentungan pada materi keliling bangun datar.

Downloads

Published

2024-01-30

Issue

Section

Articles