Analisis pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di sekolah dasar

Authors

  • Nurlaelasari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18567

Keywords:

Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Media Video.

Abstract

Rendahnya hasil belajar, karena suasana pembelajaran yang kurang menyenangkan dan kurang bermakna bagi peserta didik menuntut pendidik untuk lebih kreatif dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian terdahulu keyakinan bahwa penerapan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Namun, belum terdapat kajian lebih lanjut mengenai hasil penelitian yang merangkum dan menganalisis pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar IPS. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, serta menghitung penelitian terdahulu yang berkaitan dengan pengaruh penggunaan media video pada pembelajaran IPS. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui penelusuran google cendekia atau google scholar (https://scholar.google.co.id/) dan repository. Hasil penelitian terdahulu dianalisis dengan menggunakan metode pembaban kuantitatif. Informasi yang diperoleh merupakan hasil penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya kemudian dianalisis menggunakan teknik meta-analisis uji Uji Sampel Berpasangan dan pengaruh besar atau ukuran efek. Dari hasil analisis 13 penelitian, uji Paired Sample Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (p 0,05). Sehingga hasil pretest dan posttest mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan statistika deskriptif pretest dan posttest terbukti nilai posttest lebih tinggi. Menurut penghitungan Effect size yang memperoleh hasil 2,62 masuk kategori besar. Hasil penelitian meta-analisis menunjukkan media video berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPS peserta didik sekolah dasar, hasil belajar juga bervariasi dari peningkatan besar dan sedang Informasi yang diperoleh merupakan hasil penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya kemudian dianalisis menggunakan teknik meta-analisis uji Uji Sampel Berpasangan dan pengaruh besar atau ukuran efek. Dari hasil analisis 13 penelitian, uji Paired Sample Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (p 0,05). Sehingga hasil pretest dan posttest mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan statistika deskriptif pretest dan posttest terbukti nilai posttest lebih tinggi. Menurut penghitungan Effect size yang memperoleh hasil 2,62 masuk kategori besar. Hasil penelitian meta-analisis menunjukkan media video berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPS peserta didik sekolah dasar, hasil belajar juga bervariasi dari peningkatan besar dan sedang Informasi yang diperoleh merupakan hasil penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya kemudian dianalisis menggunakan teknik meta-analisis uji Uji Sampel Berpasangan dan pengaruh besar atau ukuran efek. Dari hasil analisis 13 penelitian, uji Paired Sample Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (p 0,05). Sehingga hasil pretest dan posttest mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan statistika deskriptif pretest dan posttest terbukti nilai posttest lebih tinggi. Menurut penghitungan Effect size yang memperoleh hasil 2,62 masuk kategori besar. Hasil penelitian meta-analisis menunjukkan media video berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPS peserta didik sekolah dasar, hasil belajar juga bervariasi dari peningkatan besar dan sedang uji Paired Sample Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (p 0,05). Sehingga hasil pretest dan posttest mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan statistika deskriptif pretest dan posttest terbukti nilai posttest lebih tinggi. Menurut penghitungan Effect size yang memperoleh hasil 2,62 masuk kategori besar. Hasil penelitian meta-analisis menunjukkan media video berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPS peserta didik sekolah dasar, hasil belajar juga bervariasi dari peningkatan besar dan sedang uji Paired Sample Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (p 0,05). Sehingga hasil pretest dan posttest mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan statistika deskriptif pretest dan posttest terbukti nilai posttest lebih tinggi. Menurut penghitungan Effect size yang memperoleh hasil 2,62 masuk kategori besar. Hasil penelitian meta-analisis menunjukkan media video berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPS peserta didik sekolah dasar, hasil belajar juga bervariasi dari peningkatan besar dan sedang 62 masuk kategori besar. Hasil penelitian meta-analisis menunjukkan media video berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPS peserta didik sekolah dasar, hasil belajar juga bervariasi dari peningkatan besar dan sedang 62 masuk kategori besar. Hasil penelitian meta-analisis menunjukkan media video berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPS peserta didik sekolah dasar, hasil belajar juga bervariasi dari peningkatan besar dan sedang

Downloads

Published

2024-01-30

Issue

Section

Articles