Studi literatur: desain pembelajaran berbasis flipped classroom

Authors

  • Suci Islami Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18623

Keywords:

Desain Pembelajaran, Flipped Classroom, Sekolah Dasar

Abstract

Abstrak

Salah satu permasalahan dalam proses pembelajaran yang efektif di sekolah dasar adalah keterbatasan waktu pembelajaran yang berpusat pada siswa. Permasalahan ini terjadi karena sebagian besar waktu pembelajaran siswa gunakan untuk menerima dan memahami materi yang disampaikan guru. Hal tersebut disolusikan melalui literatur study pembelajaran berbasis flipped classroom yang dikembangkan dari 5 artikel yang relevan mulai tahun 2017 – 2021 untuk mendeskripsikan pengembangan desain pembelajaran berbasis flipped classroom dari berbagai jenjang pendidikan berupa perangkat pembelajaran meliputi silabus, RPP, LKPD untuk pembelajaran di kelas, video pembelajaran, dan LKPD pendamping video melalui tiga tahap pengembangan yaitu analisis, perancangan, dan pengembangan. Melalui pembelajaran berbasis flipped classroom membantu guru menciptakan pembelajaran berpusat pada siswa karena mendorong untuk guru mentransfer materi secara daring sebelum siswa mengaplikasikan hal yang sedang dipelajari di kelas. Dengan demikian hasil studi dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengembangkan desain pembelajaran berbasis flipped classroom untuk jenjang sekolah dasar di masa mendatang.

 

References

Apriyanti, Y., Nyeneng, I. D. P., & Suana, W. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Pada Materi Gerakan Harmonis. 69–79.

Ardila, A., Marzal, J., & Siburian, J. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trigonometri Model Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 66–77.

Bergmannn, J., & Sams, A. (2015). Flipped learning for elementary instruction (Vol. 5). International Society for Technology in Education.

Evi, Y., Sihaloho, M., Suana, W., & Suyatna, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal EduMatSains, 2(1), 55–71.

Fauzi, F. R., Suparno, & Taufik, M. (2021). Analisis Penerapan Pembelajaran Tematik Oleh Guru di SDN Sempu 2 Kota Serang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 53–66.

Handayani, L., Pardimin, & Wijayanto, Z. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Flipped Classroom pada Sekolah Menengah Pertama. UNION : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(3), 341–352.

Krismadika, A. P. (2020). Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 Di SD IT Al-Huda Wonogiri. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Marita Sari, D. (2019). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 144–169. https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.13.

Melfianora. (n.d.). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur. 1–3.

Nurjannah, A., Apriliya, S., & Mustajin, A. (2020). Perencanaan pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional sebagai Afirmasi Literasi Budaya di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 47–55.

Nuryadin, A., Muharram, M. R. W., & Guntara, R. G. (2021). Penggunaan Model Flipped Classroom Berbantuan Digital Tools untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi COVID-19. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(3), 348–361. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/710 0

Nyeneng, I. D. P., Suana, W., & Maulina, H. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT FLIPPED CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN FISIKA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 159–174.

Prasetyo, Z. K. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas, serta Menerapkan Konsep Ilmiah Siswa SMP. Workshop.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakrta.

Putri, F. A., Bramasta, D., Hawanti, S., & Purwokerto, U. M. (2020). KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL. 6(2), 605–610.

Rusyani, E. (n.d.). Desain Pembelajaran. Diambil dari: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/19570 5101985031- ENDANG_RUSYANI/DESAIN_PEMBELAJARAN.pdf

Savitri, O., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. 6(4), 7242–7249.

Siregar, N. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Akademik.Uhn.Ac.Id, 1–212.

Siyamta. (2013). Desain Pembelajaran Mata Kuliah Administrasi Jaringan Program Studi S1 Teknik Informatika Joint Program Vedc Malang Model Dick and Carey. Diambil dari https://www.academia.edu/download/33011845/01_yamta_desain_p embelajaran_admin_server_menurut_model_dick_and_carey_ok.pdf

Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, Vol. 1, hal. 13–20

Downloads

Published

2024-01-30

Issue

Section

Articles