Pengembangan e-modul IPAS berbasis pendekatan saintifik materi perubahan energi di sekolah dasar

Authors

  • Tiara Melinda Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Asep Nuryadin Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Akhmad Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18794

Abstract

Salah satu unsur penting dalam pembelajaran adalah bahan ajar. Akibatnya, bahan ajar harus dibuat sesuai dengan kurikulum yang berlaku serta karakteristik siswa. Komponen pengetahuan dan keterampilan dicakup oleh kurikulum saat ini, yang merupakan Kurikulum Merdeka. Aspek keterampilan dapat difasilitasi dengan menerapkan pendekatan saintifik yang bersifat ilmiah. Selain itu, bahan ajar yang dirancang perlu memperhatikan karakteristik siswa saat ini yang tergolong dalam digital native atau penduduk digital. Dengan begitu perlunya bahan ajar yang dapat memfasilitasi aspek keterampilan dengan memperhatikan karakteristik siswa. Dengan mempertimbangkan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul IPAS berbasis pendekatan saintifik materi perubahan energi kelas IV sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, studi dokumentasi, observasi dan angket. Hasil validasi materi, media, dan pedagogik secara berurutan adalah 99,5%, 95,5%, dan 89,4%. Hasil implementasi e-modul IPAS berbasis pendekatan saintifik pada uji coba pertama adalah 93,3% dan 98,8% pada uji coba kedua. Hasil validasi dan angket respon siswa termasuk dalam kategori sangat layak. Dengan demikian, dapat dikatakan layak untuk menggunakan e-modul IPAS berbasis pendekatan saintifik.

References

Akbar, Sa'dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Alwi, A. M. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP ( The Development of Module Based on Saintific Approach on Science Learning in Secondary Scholl ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 59–67.

Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan Bahan Ajar. October. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.1441.6083

Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. Penulisan Modul, 98(1), 158–161.

Direktorat PAUD, Dikdas, dan Dikmen. (2021). Buku saku tanya jawab kurikulum merdeka. Diakses secara [Online] melalui https://repositori.kemendikbud.go.id/24917/

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Developing Interactive Chemistry E-Modul For The Second Grade Students of Senior High School. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.

Ibrahim, M. (2014). Hakikat Kurikulum dan Pembelajaran. Modul Pembelajaran, 1–42. http://repository.ut.ac.id/4618/2/PEKI4303-M1.pdf

Kemendikbud. (2022). Kenali Kurikulum Merdeka, Tingkatkan Kualitas Pembelajaran. Diakses secara [Online] melalui https://kurikulum.kemendikbud.go.id

Nuryadin, A., Lidinillah, D. A. M., & Muharram, M. R. W. (2021). Pre-Service Teachers’ Experiences in Developing Digital Learning Designs using ADDIE Model Amid COVID-19 Pandemic. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 1(1), 59. https://doi.org/10.30587/jtiee.v1i1.112

Ruhimat, T. (2010). Prosedur Pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia, h. 6-7.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Supratman, L. P. (2018). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(1), 47–60. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1243

Surat Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.

Suryandani, F., Basori, B., & Maryono, D. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Sebagai Sistem Pengolahan Nilai Siswa Di Smk Negeri 1 Kudus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 10(1), 71. https://doi.org/10.20961/jiptek.v10i1.14976

Syairi, K. A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. Dinamika Ilmu, 13(1), 51–66. http://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/65

Umbaryati, U. (2016). Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217–225. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/21473/10157

Wina, D. R., Hindarto, N., & Prasetyo, P. budi A. (2017). Studi Kasus Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA pada Kurikulum 2013 di SMP Negeri 5 Semarang. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 17–27.

Downloads

Published

2024-01-30

Issue

Section

Articles