Penggunaan model pembelajaran kooperatif think-talk-write (TTW) terhadap keterampilan menulis teks prosedur
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.19115Keywords:
Think Talk Write (TTW), Keterampilan Menulis, Sekolah Dasar.Abstract
References
Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Anjar. (2013). Model dan Sintak Dalam Pembelajaran Konvensional. Wawasan Pendidikan. https://www.wawasanpendidikan.com/2013/08/model-dan-sintaks-pembelajaran-konvensional/
Ayunisyah, S. D., Arifin, M., & Yulistio, D. (2020). Analisis Struktur Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(1), 118–127.
Dawaty, S. (2020). Model Pembelajaran Konvensional. Universitas Raharja. https://raharja.ac.id/2020/11/17/model-pembelajaran-konvensional/
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. (2016). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Farsyafat, K. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Petunjuk. EDUKARYA: Educational Journal of Bhayangkara, 1(1), 23–34.
Fitri, J., & Atmazaki. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 103–111.
Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13.
Indihadi, D., & Nugraha, D. (2018). “Brainstorming†dalam Pembelajaran Menulis Siswa Sekolah Dasar. Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.
Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 115–120. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.614
Kurniaman, O., Yuliani, T., & Mansur. (2018). Investigating Think Talk Write (TTW) Learning Model to Enhance Primary Students’ Writing Skill. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (JTLEE), 1(1).
Natalita, R. K., Situngkir, N., & Rabbani, S. (2019). Meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas 1 SD. Journal of Elementary Education, 02(January), 18–25. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/download/3084/804
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. In Nizmania Learning Center. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior Global Edition 15. Amerika Serikat: S4Carlisle Publishing.
Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333–9339.
Saputri, M. A., & Indihadi, D. (2021). Hasil Tulisan Teks Prosedur Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 742–751.
Sari, A. N., & Nuraidah. (2020). Cara Mudah Memahami Teks Prosedur. Bogor: Guepedia.
Sari, E., Aprinawati, I., & Ananda, R. (2021). Penerapan Model Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edumaspul, 5(2), 250–262.
Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky Dan Interdepedensi Sosial Sebagai Landasan Teori Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Di Sekolah Dasar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 231–239. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.269
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42
Syafi’ie, I. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yunus, M. (2007). Keterampilan Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.