Penggunaan model pembelajaran kooperatif think-talk-write (TTW) terhadap keterampilan menulis teks prosedur

Authors

  • Revita Salsabila Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Dian Indihadi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Erwin Rahayu Saputra Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.19115

Keywords:

Think Talk Write (TTW), Keterampilan Menulis, Sekolah Dasar.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang belum mampu menulis teks prosedur dengan baik dan benar. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya variasi model pembelajaran ketika kegiatan menulis sehingga peserta didik kurang menyukai pembelajaran menulis. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan bentuk non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dengan pemberian tugas menulis teks prosedur. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas III SDN Cibanjaran, dengan rincian kelas III-A sebagai kelompok eksperimen dan kelas III-B sebagai kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 20 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi 0.001 yang berarti < 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TTW dengan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran TTW ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur peserta didik kelas III sekolah dasar.

References

Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Anjar. (2013). Model dan Sintak Dalam Pembelajaran Konvensional. Wawasan Pendidikan. https://www.wawasanpendidikan.com/2013/08/model-dan-sintaks-pembelajaran-konvensional/

Ayunisyah, S. D., Arifin, M., & Yulistio, D. (2020). Analisis Struktur Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(1), 118–127.

Dawaty, S. (2020). Model Pembelajaran Konvensional. Universitas Raharja. https://raharja.ac.id/2020/11/17/model-pembelajaran-konvensional/

Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. (2016). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Farsyafat, K. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Petunjuk. EDUKARYA: Educational Journal of Bhayangkara, 1(1), 23–34.

Fitri, J., & Atmazaki. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 103–111.

Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13.

Indihadi, D., & Nugraha, D. (2018). “Brainstorming†dalam Pembelajaran Menulis Siswa Sekolah Dasar. Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.

Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 115–120. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.614

Kurniaman, O., Yuliani, T., & Mansur. (2018). Investigating Think Talk Write (TTW) Learning Model to Enhance Primary Students’ Writing Skill. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (JTLEE), 1(1).

Natalita, R. K., Situngkir, N., & Rabbani, S. (2019). Meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas 1 SD. Journal of Elementary Education, 02(January), 18–25. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/download/3084/804

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. In Nizmania Learning Center. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior Global Edition 15. Amerika Serikat: S4Carlisle Publishing.

Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333–9339.

Saputri, M. A., & Indihadi, D. (2021). Hasil Tulisan Teks Prosedur Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 742–751.

Sari, A. N., & Nuraidah. (2020). Cara Mudah Memahami Teks Prosedur. Bogor: Guepedia.

Sari, E., Aprinawati, I., & Ananda, R. (2021). Penerapan Model Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edumaspul, 5(2), 250–262.

Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky Dan Interdepedensi Sosial Sebagai Landasan Teori Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Di Sekolah Dasar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 231–239. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.269

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42

Syafi’ie, I. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yunus, M. (2007). Keterampilan Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2024-01-30

Issue

Section

Articles